Kisah Guru Honorer di Cianjur Sambangi Rumah Siswa yang Tak Punya Gawai

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 12:16 WIB
Guru honorer di Cianjur
Dudi guru honorer di Cianjur tengah memberikan materi pelajaran kepada siswanya (Foto: Istimewa).
Cianjur -

Selama pandemi kegiatan belajar siswa dilakukan di rumah, untuk mencegah penyebaran Corona. Para siswa harus melakukan kegiatan belajar melalui sistem online dengan materi yang disiapkan oleh para gurunya.

Namun nampaknya, kegiatan belajar online itu hanya bisa diakses dengan baik oleh para siswa yang berada di wilayah perkotaan dan memiliki fasilitas gawai serta jaringan internet yang memadai. Sementara para siswa yang berada di pelosok sekolah online menjadi kendala karena akses internet masih minim hingga tak adanya fasilitas gawai akibat keterbatasan ekonomi orang tua.

Kondisi tersebut membuat para guru di pelosok Cianjur harus bekerja ekstra demi memberi materi pelajaran untuk para siswanya. Mereka bahkan dengan penuh semangat rela mendatangi setiap siswa yang tidak memiliki fasilitas agar tetap bisa belajar dan mengikuti ujian.

Contohnya seperti yang dilakukan Dudi Riani, seorang guru dari SDN Jaya Mekar, Desa Muara Cikadu, Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur. Guru honorer yang sudah 17 tahun mengabdi untuk dunia pendidikan ini harus bersiap dan berangkat dari rumah sejak pagi hari.

Namun bukan pergi ke sekolah melainkan menyambangi rumah siswanya agar bisa ujian. Sebab mulai kemarin, para siswa sudah mulai menjalani ujian untuk pengisian rapot.

"Sebenarnya sejak siswa belajar di rumah juga sudah jadi agenda rutin datang ke rumah siswa. Karena sekarang ujian, jadi harus lebih gesit, supaya siswa bisa cepat ujian. Apalagi mereka yang tidak punya gadget sehingga mesti ujian pakai kertas," ungkap Dudi kepada detikcom, Selasa (9/6/2020).

Simak video 'Pentingnya Peran Guru-Orang Tua Dampingi Anak Belajar di Rumah':