Situs PPDB Jabar Sulit Diakses, Ortu Siswa di Cimahi Datangi Sekolah

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 11:55 WIB
Orang tua siswa datang langsung ke sekolah mencari informasi PPDB 2020
Orang tua siswa datang langsung ke sekolah mencari informasi PPDB 2020 (Foto: Whisnu Pradana)
Cimahi -

Sejumlah orang tua siswa SMP yang segera lulus mendatangi SMA dan SMK di Kota Cimahi untuk mencari informasi soal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020.

Meskipun di tengah pandemi Corona, namun hal tersebut tak menyurutkan niat orangtua datang ke sekolah secara langsung demi mendapat kejelasan soal tata cara pendaftaran masuk SMA atau SMK.

Berdasarkan informasi PPDB untuk tingkat SMA dan SMK mulai dibuka pada tanggal 8 Juni melalui website ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Namun website tersebut pun masih sulit diakses.

John Hendri (52) warga Cimahi Utara mengatakan ia terpaksa datang langsung ke sekolah untuk berkonsultasi dengan panitia PPDB soal tata cara pendaftaran melalui sistem online.

"Sebetulnya pendaftaran ini kan online, hanya kami masih bingung bagaimana tata caranya. Makanya datang langsung ke sekolah buat cari informasi dan konsultasi juga, lebih jelas kalau datang langsung," ungkap John saat ditemui Senin (8/6/2020).

Anaknya yang bersekolah di salah satu SMP swasta di Cimahi memilih untuk masuk ke SMK. Sebagai orangtua, dirinya berusaha mengikuti kemauan sang anak selama sesuai dengan minatnya.

"Ya namanya juga demi anak, apalagi buat pendidikan dia. Kita orangtua kan hanya bisa memfasilitasi. Inginnya memang ke SMK, tapi karena jalur zonasi masih cari-cari informasi dulu, biar lulus tes nantinya," bebernya.

Sementara itu panitia PPDB SMK Negeri 3 Cimahi Asep Suwarno mengatakan memang banyak orangtua calon siswa yang datang langsung ke sekolah untuk mencari informasi soal pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK.

"Saat pandemi ini meminimalisir interaksi langsung. Kalau orangtua yang datang ke sekolah masih banyak karena awam buat mereka dan kita tetap layani konsultasi. Tapi proses pendaftaran tetap wajib melalui sistem online. Pendaftaran bisa kolektif dari sekolah asal atau secara mandiri," ungkap Asep.

Tahun ini, SMK Negeri 3 Cimahi menyiapkan 16 rombongan belajar (rombel) yang dibagi ke dalam lima jurusan, antara lain jurusan tata boga, perhotelan, tata busana, otomatisasi perkantoran, dan multimedia.

(mud/mud)