2 Pemudik Asal Tasikmalaya Sembuh dari Corona

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 10:44 WIB
Poster
Ilustrasi pasien sembuh. (ilustrator: Edi Wahyono)
Tasikmalaya -

Kabar bahagia kembali datang dari pasien positif Corona atau COVID-19 yang dirawat di RSUD SMC Tasikmalaya, Jawa Barat. Setelah dua pekan lebih menjalani isolasi dan dirawat intensif di ruang isolasi, dua pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Dua pasien, inisial ROB dan HEN, itu merupakan pemudik.

Kepulangan pasien itu disambut antusias petugas medis RSUD SMC yang merawatnya. Mereka mengantar pasien hingga bertemu keluarga di selasar rumah sakit.

"Alhamdulillah, dua pasien positif COVID-19 sembuh. Hal itu menyusul pelaksanaan dua kali tes swab metode PCR terhadap masing-masing warga Kecamatan Jatiwaras dan Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, dengan hasil negatif," ucap Dirut RSUD SMC Tasikmalaya Iman Firmansyah, Sabtu (6/6/2020).

Didampingi dua camat dan unsur muspika, kedua pasien tersebut meninggalkan ruang isolasi dengan wajah ceria berbalut senyum. Keduanya menerima surat keterangan sehat bebas Corona yang diserahkan oleh Iman.

ROB menjalani perawatan di ruang isolasi selama 15 hari, sementara HEN 13 hari. Selama perawatan tersebut, kondisi kesehatan keduanya menunjukkan perubahan signifikan.

"Dengan Kepulangan ROB dan HEN ini, empat pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang diisolasi di RSUD SMC semuanya sembuh. Mudah-mudahan ini pertanda baik seiring bergesernya kehidupan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya ke tatanan baru yang lebih baik, maju dan sehat," tutur Iman.

Meski telah dinyatakan sehat dan sembuh dari COVID-19, ROB dan HEN tetap harus menjalankan protokol kesehatan. Mereka harus melakoni isolasi mandiri di rumah.

Kedua pasien itu merupakan pemudik yang nekat pulang ke Tasikmalaya dalam status positif COVID-19. Mereka hanya mengalami gejala ringan dengan keluhan batuk.

(bbn/bbn)