Masjid Al-Ukhuwah Bandung Kembali Gelar Jumatan, Jumlah Jemaah Dibatasi

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 09:31 WIB
Masjid Raya Al-Ukhuwwah Kota Bandung turut disemprot disinfektan. Penyemprotan itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona di ruang publik.
Petugas menyemprotkan disinfikten di Masjid Al-Ukhuwah Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Masjid Al-Ukuwah Kota Bandung, siap digunakan untuk menggelar salat Jumat berjemaah hari ini. Namun jumlah jemaah untuk sementara dibatasi demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Al-Ukuwah bisa digunakan, itu tempat ibadah juga, tetap dilaksanakan, tadi saya cek ke sana," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Kota Bandung Bambang Sukardi via sambungan telepon, Kamis (5/6/2020).

Dia menyebut masjid lain di Kota Bandung juga sudah diperbolehkan untuk menggelar salat Jumat. Hanya saja setiap DKM perlu menerapkan protokol kesehatan.

"Boleh, jadi gini berdasarkan Perwal 32/2020, sekarang Kota Bandung gelar PSBB Proposional yang mengatur peribadatan rumah ibadah ada di Pasal 12, tapi terbatas jemaahnya hanya 30 persen," ujarnya.

Ia menyebut, pembatasan jemaah itu dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Sebelum digunakan, kawasan masjid harus disemprot disinfektan.

"Pakai masker, diukur suhu tubuh da apa bila melebihi 38 derajat selcius tidak diperkenankan," ucapnya.

Seperti diketahui, masjid ini memiliki kapasitas jemaah sekitar 3 ribu orang. Untuk pelaksanaan salat Jumat hari ini, dimungkinkan akan digunakan dengan kapasitas 900 orang.

"Sekitar 900 oranglah," ujarnya.

Tonton video 'Menag: Pembukaan Rumah Ibadah Tak Hanya Berdasar Status Zona Wilayah':

(wip/mso)