Kisah Tragis TKW Bandung Barat yang Diperkosa-Dipenjara di Dubai

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 19:01 WIB
Poster
Ilustrasi korban kasus kekerasan seksual (Edi Wahyono/detikcom)
Bandung Barat -

R (38), tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami kisah tragis saat bekerja di luar negeri. Bukannya mendapatkan kesejahteraan saat bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), ia malah menjadi korban perkosaan hingga hamil.

Warga Gununghalu ini sempat menjalani penahanan. Bahkan ia melahirkan anak perempuannya di penjara.

Pemkab Bandung Barat membenarkan kejadian memilukan yang menimpa pekerja migran Indonesia (PMI) tersebut. "Betul, kejadiannya demikian," ucap Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja Luar Negeri Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB Sutrisno, Kamis (4/6/2020).

"Kami dapat informasi ada PMI asal KBB yang jadi korban pemerkosaan di Dubai sampai akhirnya melahirkan seorang anak," dia menambahkan.

Menurut Sutrisno, R berangkat ke Dubai secara ilegal dua tahun lalu untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga. Baru bekerja dua bulan, R tidak betah. Ia kabur dari rumah majikannya dan tinggal di penampungan agen yang memberangkatkannya.

Kemudian ia kembali bekerja dan setiap hari diantar jemput oleh sopir, inisial AL, warga Pakistan, ke rumah majikannya yang baru. Suatu hari sopir tersebut memberinya minuman hingga R tidak sadarkan diri.

Selanjutnya
Halaman
1 2