Kembali Beroperasi, Warga Bandung Padati Mobil SIM Keliling

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 14:05 WIB
Warga membludak mengurus sim usai pelayanan mobile kembali beroperasi
Warga membludak mengurus sim usai pelayanan mobile kembali beroperasi (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

SIM keliling Satlantas Polrestabes Bandung kembali beroperasi. Warga Bandung pun membludak untuk mengurus SIM.

SIM keliling tersebut beroperasi di Pasar modern, Batununggal, Kota Bandung pada Kamis (4/6/2020). Pantauan di lapangan sekitar pukul 09.00 WIB, warga masih memenuhi area sim keliling.

Bahkan ada beberapa warga yang datang tanpa mengenakan masker. Selain itu, warga juga tampak cuek mengobrol satu sama lainnya lebih dari dua orang.

Petugas kepolisian memberikan imbauan-imbauan lewat pengeras suara. Polisi mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Diimbau agar tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun. Protokol kesehatan kita jalankan demi keselamatan kita semua," ucap suara petugas.

Kanit Regident Polrestabes Bandung AKP Meilawaty mengatakan protokol kesehatan tetap diberlakukan saat pengurusan SIM baik di Satpas Polrestabes Bandung maupun di SIM Keliling.

"Ada (protokol kesehatan). Kita (ada) cuci tangan di situ. Tapi memang kita karena ruangan terbuka, bukan di dalam ruangan. Untuk jaga jarak tetap kita beri imbauan dan yang datang wajib menggunakan masker," katanya.

Seperti diketahui, pelayanan perpanjangan dan pembuatan SIM di Jawa Barat kembali dibuka. Meski dibuka, pelayanan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

"Pelayanan dibuka kembali dengan tetap mempedomani protokol kesehatan secara ketat menuju tatanan kehidupan normal baru (New Normal)," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso dalam keterangannya, Rabu (3/6/2020).

Selain pelayanan SIM, polisi juga membuka pelayanan bagi yang akan memperpanjang atau membuat baru STNK hingga BPKB kendaraan.

Untuk pelayanan SIM dilakukan di satuan pelayanan administrasi (Satpas) tiap Polres. Sedangkan STNK hingga BPKB dilakukan di Samsat.

Erlangga mengatakan beroperasinya kembali pelayanan itu sesuai dengan kebijakan yang tertuang dalam surat telegram nomor ST/1537/V/UAN.I.I/2020 tanggal 29 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan warga membawa KTP asli, sim asli yang masih berlaku, surat keterangan kesehatan dari dokter, fotokopi KTP beberapa lembar.

(dir/mud)