Salat Jumat 2 Gelombang, MUI Ciamis: Sah Saja Asal di Waktu Zuhur

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 19:24 WIB
Salat Jumat di Ciamis
Warga Ciamis melaksanakan salat Jumat. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Soal pelaksanaan salat Jumat dua gelombang di tengah pandemi virus Corona mengemuka. MUI Ciamis menyatakan hal tersebut boleh dilakukan asal di waktu zuhur dan jemaah yang belum melaksanakan salat.

"Sah-sah saja, boleh saja ketika salat Jumat dua gelombang. Tapi artinya salat Jumat bukan dua kali. Tapi karena keterbatasan lokasi dan kondisi," ujar Wakil Ketua MUI Ciamis Saeful Ujun saat dihubungi detikcom, Rabu (3/6/2020).

Saeful menegaskan salat Jumat dua gelombang boleh dilaksanakan asal di waktu zuhur. Meskipun tak tepat waktu, pada pukul 13.00 WIB masih bisa dilaksanakan.

"Salat Jumat itu yang jelas dilaksanakan di waktu zuhur, bisa tepat ataupun lebih, asal tidak di waktu asar. Hanya saja kita melaksanakan salat Jumat tepat waktu, jarang dilakukan terlambat. Lazimnya seperti itu," tuturnya.

Munculnya wacana salat Jumat dua gelombang, menurut Uhun, karena kondisi saat ini di tengah pandemi Corona. Tujuannya untuk menghindari kemudaratan.

Di Kabupaten Ciamis, selama ini masyarakatnya masih melaksanakan salat Jumat seperti biasa. Protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Jemaah memakai masker dan sebelum masuk masjid di cek suhu.

"Kondisi Ciamis jemaah tidak ada yang membludak. Jadi masih normal, namun protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap dilaksanakan," ucap Ujun.

Ia mengimbau para jemaah di Ciamis untuk memanfaatkan masjid-masjid yang ada saat melaksanakan salat Jumat. Sehingga jemaah bisa menyebar secara merata.

"Dari pada menjadi masalah salat Jumat dua gelombang. Dan sama-sama ingin tepat waktu, manfaatkan masjid-masjid yang bisa menampung sampai 40 orang. Masih banyak cara yang dilakukan untuk mengatasinya, supaya semuanya bisa aman, nyaman dan damai," tutur Ujun.

(bbn/bbn)