Pemohon Kartu Pencari Kerja di Sumedang Melonjak Saat New Normal

Muhamad Rizal - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 16:25 WIB
Warga Sumedang berbondong-bondong mengurus kartu pencari kerja
Warga Sumedang berbondong-bondong mengurus kartu pencari kerja (Foto: Muhamad Rizal)
Sumedang -

Dalam kondisi new normal, jumlah pemohon kartu pencari kerja di Kabupaten Sumedang mengalami peningkatan. Pemkab Sumedang tetap memberikan pelayanan optimal.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan sangat disayangkan jika pelayanan ini tidak dibuka. Sebab hal itu dapat menambah angka pengangguran di Sumedang.

"Makannya dalam setiap hari lebih dari 50 orang untuk memohon kartu kuning," ungkap Asep saat mengawasi pelayanan permohonan kartu kuning di kantor Disnakertrans Sumedang, Rabu (3/6/2020).

Namun, kata Asep, pelayanan kartu pencari kerja ini dibatasi jumlahnya. Pasalnya, saat ini kabupaten Sumedang sedang menerapkan new normal, sehingga setiap pelayanan maupun aktivitas kegiatan dibatasi.

Bahkan untuk yang mengajukan kartu kuning tersebut, calon pemohon diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak posisi antrean.

"Kami melayaninya dibatasi, kalo yang datang 100 jadi 30 per hari, jadi mereka nyimpan berkas besok balik lagi. Pelayanan sampai jam 12," ucap Asep.

Selain itu, setelah habis masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga kemudian menuju new normal ini peluang pekerjaan semakin besar.

"Ada beberapa perusahaan yang membuka peluang untuk lamaran, sehingga dari dampak COVID ini tidak drastis pengangguran," jelas Asep.

(mud/mud)