Bawa 'Sabu' Garam, Pemuda Bandung Ngaku Cuma Buat Gaya-gayaan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 15:27 WIB
Polisi menciduk pemuda di Bandung yang membawa bungkusan yang ternyata garam.
Foto: tangkapan layar video viral
Bandung -

Seorang pemuda terciduk tim Prabu Polrestabes Bandung membawa bungkusan kecil diduga sabu-sabu yang ternyata garam. Kepada polisi, sang pemuda beralasan membawa garam hanya untuk gaya-gayaan.

"Ini kan saya tanya buat apa bawa garam, dia bilang buat gaya-gayaan saja," ucap Katim 2 Prabu Polrestabes Bandung Ipda Asep Supendi saat dihubungi, Rabu (3/6/2020).

Terciduknya pemuda tersebut terjadi saat tim 2 Prabu Polrestabes Bandung melakukan patroli ke Jalan Peta, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Saat itu petugas mendapatkan ada tiga orang berboncengan dengan satu sepeda motor.

Asep menyatakan sempat mencurigai pemuda itu hendak melakukan penipuan. Namun pemuda tersebut tetap berdalih membawa garam hanya untuk gaya-gayaan.

"Ya dia ditanya jawabnya cuma buat gaya-gayaan saja. Saya bilang 'kamu main-main', dijawabnya tetap buat gaya-gayaan," katanya.


Sebelumnya, seorang pria di Bandung terciduk tim Prabu Polrestabes Bandung membawa bungkusan kecil diduga narkoba jenis sabu. Namun ternyata bungkusan itu berisi garam.

Video terciduknya pemuda itu pun beredar di YouTube. Dalam video, terlihat petugas tengah menggeledah jaket kulit yang digunakan oleh seorang pemuda.

Saat menggeledah, petugas menemukan bungkusan kecil berisi serbuk berwarna putih. Dalam dialognya, pemuda itu berkukuh menyebut plastik tersebut berisi garam.


"Uyah ieu mah, demi Allah uyah, Om (garam ini, demi Allah garam, Om)," ucap pemuda itu berbahasa Sunda seperti dalam video yang dilihat detikcom pada Rabu (3/6/2020).

Salah seorang petugas lantas mengambil bungkusan tersebut guna membuktikan ucapan pemuda itu. Saat mencicipi, petugas menyebut bahwa serbuk itu asin.

"Asin," kata salah seorang petugas.

(dir/ern)