Jumlah Positif Corona Klaster Pasar Cileungsi Bogor Jadi 16 Orang

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 21:55 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bogor -

Data hari ini ada penambahan 12 kasus baru positif Corona di Kabupaten Bogor. Dari jumlah kasus baru tersebut, enam orang masuk klaster Pasar Cileungsi.

Sedangkan data lainnya, tercatat 4 kasus baru di Kecamatan Bojonggede, 1 kasus di Kecamatan Cibinong dan 1 kasus di Kecamatan Ciomas. "Ada penambahan 12 kasus baru positif Corona. Enam di antaranya merupakan klaster Pasar Cileungsi," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah, Selasa (2/6/2020).

Syarifah mengungkapkan enam kasus baru klaster Pasar Cileungsi terungkap setelah Pemkab Bogor melakukan tes massal di Pasar Cileungsi, beberapa hari lalu. Tes massal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut setelah adanya pedagang di pasar itu positif corona.

Enam orang yang hari ini dinyatakan positif Corona, kata Syarifah, beberapa di antaranya keluarga dari pedagang Pasar Cileungsi. "Jadi ini klaster Pasar Cileungsi yang sudah transmisi lokal di keluarga," ujarnya.

Bertambahnya jumlah tersebut, menurut Syarifah, total kasus positif Corona klaster Pasar Cileungsi Bogor menjadi 16. "Sampai saat ini positif Covid klaster Cileungsi jadi 16 orang," ucap Syarifah.

Pemkab Bogor saat ini terus melakukan tracing sebagai upaya untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona klaster Pasar Cileungsi. "Pasar Cileungsi masih disterilkan dan dilakukan penataan manajemen pasar. Apabila dioperasionalkan kembali, harus mengikuti protokol kesehatan," kata Syarifah menegaskan.

(bbn/bbn)