Minta Izin Buka, Pengelola Mal di Bandung Surati Pemprov Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 21:02 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Sebanyak 23 pusat perbelanjaan atau mal di Kota Bandung mengirim surat ke Pemprov Jabar untuk meminta izin tempatnya dibuka atau beroperasi kembali. Sebab dampak Corona atau COVID-19 ini membuat aktivitas mal tutup, sehingga mengakibatkan puluhan ribu karyawan yang kena PHK.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya telah menerima surat dari 23 pengelola mal di Bandung. Mereka meminta agar diberi izin dibuka dan akan memenuhi syarat protokol kesehatan.

"Mal sudah bersedia memenuhi syarat AKB (adaptasi kebiasaan baru). Mereka berharap buka karena sudah banyak pekerja yang di PHK," kata Arifin dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Senin (1/6/2020).

Arifin mengatakan berdasarkan data yang diterima, jumlah karyawan yang kena PHK mencapai belasan ribu. Total ada 15.664 orang terkena PHK imbas dari ditutupnya mal di Bandung.

Karena itu, kata Arifin, pihak pengelola meminta izin agar mal bisa dibuka kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan. Namun, pihak Pemprov Jabar menyerahkan kebijakan pembukaan mal ke kepala daerah.

"Kemarin Kota Bandung mau buka, tapi karena PSBB diperpanjang, jadi urung," ujar Arifin.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2