PSBB Proporsional, Buka Tutup Jalan di Bandung Masih Berlaku

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 15:43 WIB
Suasana kawasan Jalan Merdeka yang ditutup untuk kendaraan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung ditutup sementara dalam rangka pembatasan sosial dan pengurangan titik kumpul warga guna pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.
Penutupan jalan di Bandung (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Bandung -

Kota Bandung akan melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) skala proporsional. Pemberlakuan buka tutup jalan masih akan berlaku.

"Masih tetap (buka tutup jalan) mungkin sampai tanggal 2 (Juni 2020)," ucap KabagOps Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono kepada wartawan, Minggu (31/5/2020).

Asep menuturkan pelaksanaan PSBB proporsional ini dilakukan sebab sejumlah aktivitas mulai berlaku. Personel polisi pun dikerahkan untuk mengawal pemberlakuan PSBB proporsional ini.

"Kita tetap melakukan kegiatan-kegiatan pengawasan yang sudah dilakukan atau diperbolehkan 30 persen tadi, jadi Polisi ataupun TNI tetap melakukan pengawasan," katanya.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur mengatakan terkait pemberlakuan buka tutup jalan, pihaknya masih menunggu aturan berbentuk perwal dari pemerintah kota Bandung.

"Kita nunggu perwal juga. PSBB proporsional itu seperti apa. Jadi setelah Perwal itu dikeluarkan, baru Bagops nanti membuat rencana operasi, karena nanti kalau kita buat dan bertentangan dengan perwal, kan salah juga nanti," kata Bayu.

Sebelumnya, pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bandung diperpanjang. Namun, skalanya diturunkan dari skala maksimal menjadi skema proporsional.

"Jadi keputusannya adalah yang pertama Kota Bandung melaksanakan PSBB proporsional," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial usai memimpin rapat terbatas bersama Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Jumat (29/5/2020).

PSBB ini digelar mulai 30 Mei hingga 12 Juni 2020. "Tentu dalam pelaksanaan nya nanti SK-nya PSBB proporsional," ujarnya.

(dir/mud)