Warga Pernah Tangkap Buaya Muara 4 Meter di Sungai Cimandiri Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 11:52 WIB
Penampakan buaya di sungai Cimandiri Sukabumi
Penampakan buaya di sungai Cimandiri Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Kemunculan buaya muara di aliran Sungai Cimandiri, Palabuhanratu membuat sejumlah pemancing geger. Ternyata buaya di sungai itu tidak hanya satu ekor, ada beberapa buaya lain yang juga hidup di aliran tersebut.

Abo (43) warga asli Kampung Caringin, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu menceritakan ada tiga ekor buaya yang dulu sering terlihat berenang di muara sungai. Satu ekor bahkan pernah dievakuasi oleh petugas, ukurannya mencapai 4 meter.

"Dulu saya lupa tepatnya ada 3 ekor, pernah satu ditangkap oleh warga dan petugas dinas panjangnya 4 meteran. Ditangkap karena khawatir membahayakan, setelah itu tidak tahu mereka jarang muncul sampai akhirnya ketika air pasang kemarin, mereka menampakkan diri lagi," kata Abo, kepada detikcom, Minggu (31/5/2020).

Menurut Abo, ia juga sempat merekam kemunculan buaya itu. Ia menebak ukuran buaya yang muncul masih berusia belia dengan panjang 1,5 meter. Sepanjang pengalamannya sebagai penduduk lokal, buaya itu tidak pernah mengganggu warga.

"Sepanjang saya tinggal disini tidak ada kejadian orang yang jadi korban buaya, asalkan kita tidak mengganggu mereka tidak menyerang. Masing-masing aja, jangankan orang hewan ternak saja ke pinggiran sungai tidak mereka mangsa," tutur Abo.

Buaya muncul ketika matahari terik, dia sengaja mencari bebatuan lalu berjemur. Warga yang melihat kebanyakan menjauh, karena menurut Abo lebih baik seperti itu karena bagaimanapun sungai itu adalah habitat buaya.

"Munculnya di daerah sini, sering berjemur di batu sampai sore. Pencari pasir juga tidak pernah diganggu, masing-masing saja, anak-anak juga kita nasehati jangan ada yang lempar-lempar batu atau bagaimana," pungkas Abo.

(sya/mud)