Ngaku Anggota TNI ke Kekasih, Pria di Bandung Ditangkap

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 10:29 WIB
Ilustrasi Penipuan
Ilustrasi penipuan (Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo)
Bandung -

Seorang pria mengaku anggota TNI ditangkap personel Kodim 0618/BS Bandung. Pria tersebut diduga sudah menipu dengan menjanjikan nikah kepada pasangannya.

Penangkapan pria berinisial A (34) ini dilakukan personel Kodim 0618/BS di sebuah tempat makan di kawasan Punclut, Kota Bandung pada Jumat (29/5) lalu. A ditangkap karena dicurigai mengaku-ngaku sebagai prajurit TNI.

"Iya memang benar (ada penangkapan anggota TNI gadungan). Ditangkap oleh anggota Kodim," ucap Kapendam III Siliwangi Kolonel FX Sri Wellyanto saat dikonfirmasi, Minggu (31/5/2020).

Welly sapaannya mengatakan penangkapan tersebut berawal dari kecurigaan pasangan pelaku. Korban lalu mengadukan hal itu kepada pamannya. Sang paman, kata Welly, lalu melaporkan hal tersebut ke Sat Denintel Kodam III Siliwangi.

Welly mengatakan penipuan yang dilakukan oleh pelaku berupa mengaku sebagai anggota TNI kepada pasangannya. Namun, pasangannya ini curiga lantaran setiap hendak diajak ke jenjang serius, pelaku kerap menolak. Pelaku juga kerap berkilah saat korban mengajak main ke tempat dinasnya di Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

"Penipuannya hanya mengaku sebagai anggota diajak nikah tapi nggak mau. Kalau penipuan uang tidak ada," kata dia.

Dari penangkapan tersebut, TNI menyita sejumlah barang bukti berupa baju PDL TNI, celana PDL TNI, tas loreng, baret Kopassus dan KTP.

(dir/mud)