Bawa Pemudik Cianjur Tanpa SIKM ke Jakarta, Minibus Diputar Balik

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 23:28 WIB
pemudik dari cianjur ke jakarta disuruh pulang
Foto: Ismet Selamet
Cianjur -

Polisi menghalau sebuah minibus yang mengangkut pemudik dari Cianjur ke Jakarta. Sopir dan para penumpang tidak bisa menunjukkan Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM).

Mobil berpelat B yang membawa delapan orang penumpang itu awalnya melaju dari Jalan KH Abdullah bin Nuh kemudian dicegat petugas saat melakukan pemeriksaan di perempatan Tugu Lampu Gentur, Sabtu (30/5/2020) malam.

Saat ditanya petugas, sopir mengaku hendak membawa penumpang ke Kampung Rambutan Jakarta.

"Mau ke Jakarta, ke Kampung Rambutan, drop penumpang. Mau pada kerja lagi di Jakarta," ungkap sopir minibus tersebut.

"Enggak punya SIKM," tambahnya.


Akhirnya petugas menyuruh sopir dan penumpang untuk kembali dan tidak meneruskan perjalanan ke Jakarta. Sebab ada larangan bagi pemudik untuk ke Jakarta.

Kabagops Polres Cianjur Kompol Warsito, mengatakan, selain rombongan pemudik tersebut, ada beberapa kendaraan yang juga diputar balik lantaran hendak ke Jakarta dan tidak bisa menunjukan SIKM.

"Sesuai aturan, kita putar balikan semuanya yang ke Jakarta," kata Warsito di sela penyekatan, Sabtu (30/5/2020).

Menurutnya, penyekatan di sejumlah titik baik di perkotaan ataupun di perbatasan akan terus dilakukan. Setiap kendaraan terutama travel juga akan diperiksa, jika membawa pemudik makan akan diputarbalikan.

"Untuk travelnya kami akan komunikasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk disanksi. Kalau yang tadi kan plat B, kamin komunikasi dengan yang diJakarta. Kalau travelnya Cianjur langsung kami koordinasi dengan Dishub Cianjur," tuturnya.

Dia berharap 37 ribu pemudik di Cianjur tidak kembali dulu ke Jakarta di tengah pandemi. Apalagi sejak awal, mereka sudah diimbau untuk tidak mudik dulu. "Saya harap semua patuhi aturan," kata dia.

Dari pantauan detikcom, penyekatan yang dilakukan mulai pukul 19.00 Wib itu dilakukan di dua titik, yakni di akses masuk dari Jalan Dr Muwardi dan Jalan KH Abdullah bin Nuh menuju Jalan Raya Cipanas-Puncak. Hingga pukul 22.00 Wib, puluhan kendaraan diputar balik, mulai dari kendaraan pribadi hingga travel.

(ern/ern)