Pengalaman di KPK, AKBP Sumarni Pimpin Polres Sukabumi Kota

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 21:16 WIB
Polres Sukabumi Kota pertama kalinya dipimpin polwan
Polres Sukabumi Kota pertama kalinya dipimpin polwan (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Tampuk kepemimpinan di Polres Sukabumi Kota berganti. AKBP Sumarni menggantikan AKBP Wisnu Prabowo. Pisah sambut keduanya dilakukan secara sederhana dengan menjalankan protokol kesehatan.

Sumarni terlihat masuk melintasi jajar kehormatan tim pedang pora personel Polres Sukabumi Kota, ia menggandeng suaminya Kombes Asep Guntur Rahayu yang mengenakan kemeja batik.

"Penyambutan oleh tim pedang pora saja, tidak ada kesenian lengser yang biasanya kami lakukan saat menyelenggarakan lepas sambut Kapolres. Semua susunan acara dilakukan dengan tradisi new normal," kata Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman Salim melalui Paur Humas BRIPKA Solehudin, Kamis (28/5/2020).

AKBP Sumarni menggantikan AKBP Wisnu Prabowo yang kini menjabat sebagai Bagdalpers Biro SDM Polda Metro Jaya. Sumarni sebelumnya memegang jabatan sebagai Kanit Subdit III Tipidkor Bareskrim Polri.

Pengalaman Sumarni soal penanganan tindak pidana korupsi sudah teruji, selain di Dit Tipidkor Bareskrim Polri ia juga pernah menjadi penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama empat tahun, sebelum ia ditarik ke Polda Kalimantan Barat pada tahun 2015.

"Tahun 2012 saya di KPK selama 4 tahun kemudian balik ke Bareskrim lalu ke Polda Kalimantan Barat lalu ke Jawa Barat kemudian balik lagi ke Bareskrim," singkat Sumarni menjelaskan riwayat tugasnya melalui sambungan telepon.

Kehadiran Sumarni juga merupakan sejarah baru bagi jajaran Polres Sukabumi Kota, pertama kali pucuk pimpinan polres dipimpin seorang Polwan.

(sya/mud)