Jabar Hari Ini: 2 Pedagang Pasar Positif Corona-Pasutri Tewas Akibat Miras

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 20:49 WIB
Gelombang pasang masih terus terjadi di pesisir pantai Pangandaran, Kamis (28/5/2020). Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pangandaran menghimbau agar semua nelayan menghentikan sementara aktivitas pelayaran.
Gelombang tinggi di pantai Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat Kamis (28/5/2020). Mulai dari dua orang pedagang Pasar Sumber Cirebon positif Corona hingga pasutri tewas usai menenggak miras oplosan di Ciamis.

2 Pedagang Pasar Sumber Cirebon Positif Corona

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan dua pasien yang terkonfirmasi positif. Kini total pasien positif Corona di Kabupaten Cirebon mencapai 12 orang.

Dua pasien yang positif tersebut merupakan pedagang Pasar Sumber, Cirebon, yang mengikuti tes swab massal beberapa hari lalu. "Dua orang positif. Kita sudah sampaikan informasi tentang ini," kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi usai rapat koordinasi di kantornya.

Imron memerintahkan instansi terkait lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Pasar Sumber. Dinkes Kabupaten Cirebon telah melacak riwayat perjalanan dua pedagang itu dan sejumlah orang yang sempat kontak langsung. Hasilnya ada 40 orang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut.

"Keduanya pedagang. Satu pedagang ini berjualan juga di Pasar Balong Kota Cirebon, setiap dua hari sekali. Satu pedagang lainnya sempat menerima tamu dari Bandung," tutur Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni.

"Nanti kita akan tes swab massal untuk orang yang berada di radius 100 meter dari lokasi pasien positif. Termasuk 40 orang yang kontak langsung dengan pasien positif," kata Enny menambahkan.

Akibatnya, mulai besok Pasar Sumber Cirebon ditutup untuk 14 hari kedepan. "Besok Pasar Sumber akan kita tutup. Penutupan dilakukan hingga 14 hari ke depan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan sebelum menutup pasar, pihaknya akan melakukan tes swab massal di Pasar Sumber.

"Nanti kita akan tes swab massal untuk orang yang berada di radius 100 meter dari lokasi pasien positif. Termasuk 40 orang yang kontak langsung dengan pasien positif," kata Enny.

Sekadar diketahui, dari data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon menyebutkan per hari ini total pasien positif berjumlah 12 orang. Enam di antaranya sembuh dan empat orang masih menjalani perawatan. Dua pasien lainnya meninggal dunia.

Sedangkan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 56 orang, tersisa empat orang yang masih menjalani perawatan. Kemudian, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 201 orang, tersisa tujuh orang yang masih dipantau.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4