Cuaca Terasa Panas dan Gerah di Bandung, Ini Saran BMKG

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 11:43 WIB
Ilustrasi Jakarta, ilustrasi cuaca panas, ilustrasi lalu lintas lancar, Mampang
Ilustrasi cuaca panas (Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom)
Bandung -

Cuaca di Bandung dan beberapa daerah Jabar terasa lebih panas belakangan ini. BMKG Bandung memprediksi cuaca berkisar 29 sampai 30 derajat dalam beberapa hari ke depan.

"Hari ini prediksi jam 1 siang suhu udara mencapai 30 derajat celcius dan ada potensi hujan menjelang sore," ujar Kepala BMKG Klas I Bandung Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Sedangkan suhu di Bandung Raya pada malam hari untuk tiga hari ke depan berkisar 22 hingga 23 derajat celcius yang didominasi cuaca hujan ringan dan berawan.

Meskipun demikian, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan perubahan cuaca gerah yang terjadi, tetapi tetap perlu menjaga kesehatan dan stamina sehingga tidak terjadi dehidrasi dan iritasi kulit.

"Perbanyak minum dan makan buah segar sangat dianjurkan, termasuk memakai tabir surya sehingga tidak terpapar langsung sinar matahari yang berlebih dan lebih banyak berdiam di rumah pada saat pemberlakuan PSBB," katanya.

Tony menjelaskan fenomena cuaca terasa lebih panas dari biasanya secara meteorologis disebabkan suhu udara yang panas disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Kelembapan udara yang tinggi menyatakan jumlah uap air yang terkandung pada udara.

"Fenomena udara gerah sebenarnya adalah fenomena biasa pada saat memasuki musim kemarau. Semakin banyak uap air yang dikandung dalam udara, maka akan semakin lembap udara tersebut, dan apabila suhu meningkat akibat pemanasan matahari langsung karena berkurangnya tutupan awan, suasana akan lebih terasa gerah," katanya.

Lebih lanjut, udara panas gerah juga lebih terasa bila hari menjelang hujan, karena udara lembap melepas panas laten dan panas sensibel yang menambah panasnya udara akibat pemanasan permukaan oleh radiasi matahari.

"Perkembangan musim kemarau hingga Pertengahan Mei 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 35 persen wilayah Zona Musim (ZOM) sudah memasuki musim kemarau salah satunya Jawa Barat bagian utara dan timur serta Bekasi bagian utara," jelasnya.

Tidak hanya di Jabar, di Jabodetabek, pantauan suhu berkisar antara 34 derajat sampai 35 derajat celcius. Demikian juga wilayah lain di Jawa, siang hari suhu udara terukur 35 derajat celcius.

(mud/mud)