Satu Lagi Pasien Klaster Hipmi Asal Bandung Sembuh dari COVID-19

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 21:36 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Satu lagi pasien positif virus Corona yang berasal dari kluster Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bandung dinyatakan sembuh. Hal itu diketahui setelah hasil tes swab pasien tersebut menunjukkan hasil negatif.

Sebelumnya, dua pasien dari kluster Hipmi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Kemudian, seiring berjalannya waktu, pasien pertama menunjukkan kesembuhan tepat dengan hari raya Idul Fitri.

"Alhamdulillah sudah sembuh. Untuk kapannya saya belum tahu. Menurut informasi dari Dinkes memang dia sudah sembuh," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman, Rabu (27/5/2020).

Yudi menjelaskan, pasien kedua yang sembuh dari kluster Hipmi ini telah beberapa minggu diisolasi di Balai Latihan Kerja (BLK), Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Pasien yang baru saja sembuh dinyatakan positif sejak 15 April 2020 lalu.

Pasien tersebut dinyatakan positif setelah dirinya bersama dengan 20 rekannya dari Hipmi Kabupaten Bandung ikut serta dalam kegiatan Musyawarah Daerah Hipmi tingkat Jabar di Karawang. Hanya dirinya dan satu rekannya lagi yang hasil tes swabnya positif namun tanpa gejala atau berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Iya, sebelumnya pasien tersebut diisolasi di BLK," tambah Yudi.

Sekadar diketahui, kini jumlah pasien sembuh mulai mengalami peningkatan. Per tanggal 27 Mei 2020, pasien positif yang sembuh bertambah tiga orang, menjadi 30 orang.

Penambahan angka kesembuhan ini mendekati angka pasien positif yang masih aktif. Hanya selisih 6 angka atau 36 orang yang masih berstatus positif aktif. Sedangkan lima orang lainnya telah dinyatakan meninggal dunia. dirinya dinyatakan positif, keluarga pasien langsung dilakukan tes rapid.

(mso/mso)