New Normal di Jabar, Aparat TNI-Polri Kawal Pasar-Pertokoan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 16:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Mapolda Jabar
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Aparat TNI dan Polri dilibatkan dalam fase new normal di Jabar yang akan dimulai 1 Juni mendatang. Sejumlah tempat perbelanjaan akan dikawal aparat.

"Ini akan dikawal oleh TNI dan Polri selama 14 hari, jadi Pak Presiden sudah memberikan tugas kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk memobilisasi TNI dan Polri di empat provinsi percobaan ini, jadi Alhamdulillah kita masuk kategori yang diberi kebaikan ini," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (27/5/2020).

Kang Emil sapaan akrabnya menyatakan Kapolda Jabar beserta Pangdam III Siliwangi pun akan mulai melakukan simulasi-simulasi di setiap pusat perbelanjaan mulai dari pasar tradisional hingga pertokoan.

"Kan tadi, normalitas baru ini semua selama bisa taat pada protokol baik ekonomi maupun ibadah bisa mulai dilakukan. Karena takut terjadi ketidakdisiplinan maka selama 14 hari TNI dan Polri melakukan pendampingan di masa transisi, jadi tidak pilih-pilih jenis kegiatannya, kegiatan apa saja. Pasti banyak eror lah di lapangan, nanti tim diberi tugas untuk memberikan sanksi," kata dia.


Pelaksanaan new normal di Jabar sendiri akan dilakukan mulai hari Senin 1 Juni 2020. Mulai hari ini sampai nanti waktunya new normal, akan dilakukan sosialisasi.

"Jadi hari Rabu ini sampai Minggu kita sosialisasi dan saya minta kepada rekan media bantu mensosialisasikan nanti di hari kerja di hari Senin kita mulai. Karena Pak Kapolda butuh waktu untuk mengukur jumlah pasukan di mal, yang tadinya di mal nggak ada TNI dan Polri kan karena perintah presiden selama 14 hari harus ada dulu melatih disiplin kan harus dihitung ya. Itu butuh waktu sampai Minggu kita melakukan pemetaan itu, jadi hari Senin (dimulai)," kata dia.

(dir/ern)