Dinkes Bandung Barat Isolasi Pedagang Pasar Antri yang Positif Corona

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 14:26 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Bandung Barat -

Satu pedagang Pasar Antri Cimahi yang positif terpapar Corona asal Kabupaten Bandung Barat menjalani isolasi di Masjid Ash-Siddik, di lingkungan Kantor Pemkab Bandung Bara. Masjid tersebut memang disiapkan sebagai tempat isolasi pasien positif Corona dengan status orang tanpa gejala atau pasien positif lainnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Nanang Ismantoro, mengungkapkan pasien tersebut merupakan pedagang kelontong di Pasar Antri Cimahi yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test.

"Satu Warga Desa Tanimulya yang terkonfirmasi positif berdasarkan swab test akan diisolasi hari ini di Masjid Ash-Siddiq Pemkab Bandung Barat," kata Nanang saat dihubungi, Selasa (26/5/2020).

Pihaknya telah melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif tersebut dan akan langsung melakukan swab test keluarga serta orang yang sempat berinteraksi langsung.

"Hari ini kita juga akan melakukan swab test terhadap lima orang yang berinteraksi langsung dengan pasien positif. Apalagi dia selama ini tetap beraktivitas secara normal," katanya.

Untuk mencegah penyebaran, pihaknya akan melakukan rapid test terhadap masyarakat asal Bandung Barat yang sempat datang ke Pasar Antri sepekan sebelum Idul Fitri.

"Beberapa orang warga asal Batujajar pun sekarang akan menjalani rapid test, karena merasa dirinya sempat datang ke Pasar Antri," katanya.

Sebelumnya, Pasar Antri di Kota Cimahi, Jawa Barat, menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 lantaran dua pedagang terkonfirmasi positif COVID-19. Dua pedagang tersebut masing-masing berjualan kelontong dan kerudung.

(mso/mso)