Oknum Polisi di Bandung yang Ngamuk ke Petugas PSBB Hendak Kunjungi Ortu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 12:42 WIB
Petugas memeriksa penumpang di dalam kendaraan yang melintas di Posko Check Point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Rabu (22/4/2020). PSBB diterapkan di Padang dan kabupaten/ kota lain di provinsi itu mulai Rabu (22/4/2020) hingga 5 Mei 2020 untuk menghentikan penyebaran COVID-19, diantaranya dengan membatasi aktivitas di luar rumah, wajib menggunakan masker serta pembatasan jumlah penumpang kendaraan roda empat dan roda dua.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Bandung -

Seorang oknum anggota polisi di Bandung diperiksa karena marah-marah ke petugas pembatasan sosial berskala besar (PSBB) gegara tak pakai masker. Oknum polisi di Polrestabes Bandung itu diketahui hendak menuju rumah orang tuanya.

"Berkunjung ke orang tuanya," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya via pesan singkat, Selasa (26/5/2020).

Ulung mengatakan saat kejadian tersebur, oknum polisi berpangkat Bripka itu tengah lepas tugas.

"Yang bersangkutan lepas dinas," katanya.

Sikap arogan oknum polisi tersebut terjadi di pos check point PSBB di kawasan Ciparay, Kabupaten Bandung. Dia melanggar dengan tak mengenakan masker saat mengendarai mobil Fortuner berwarna hitam dari arah Baleendah. Saat diingatkan petugas, oknum tersebut malah membentak dan mengajak petugas berkelahi.


Tak terima saat diingatkan, oknum tersebut ngotot dan malah tancap gas mundur, dan hampir menabrak angkot yang sedang terparkir di pinggir jalan.

Atas peristiwa tersebut, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi pun mengambil tindakan memutasi oknum polisi ke bidang Yanma Polda Jabar. Rudy mengatakan, seorang polisi seharusnya menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat, serta tak boleh arogan baik saat bertugas maupun tidak.

"Saat ini yang bersangkutan sedang dalam pemeriksaan Propam Polrestabes, selesai diperiksa, saya mutasikan ke Yanma," kata Rudy saat dihubungi wartawan, Sabtu (25/5/2020).

"Polisi tidak boleh arogan, seharusnya bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat," ujar Rudy melanjutkan.

Ngamuk Ditegur Tak Pakai Masker, Oknum Polisi Bandung Dimutasi:

(dir/ern)