Polisi di Bandung Ngamuk ke Petugas PSBB, Polda Jabar Minta Maaf

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 19:37 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi melalui Kabid Humas Polda Jabar Kombes S. Erlangga menyampaikan permohonan maaf atas perilaku tidak terpuji anggota Satlantas Polrestabes Bandung Bripka HI.

Sebelumnya, video anggota Polri marah-marah tersebut menjadi viral saat ditegur tak menggunakan masker oleh petugas check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Alun-alun Ciparay, Kabupaten Bandung pada Senin (25/5/2020) pagi.

"Atas kejadian yang dilakukan oleh oknum Polri Bripka HI, Polda Jabar menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena oknum anggota Polri tersebut tidak memberikan contoh dan tauladan yang baik bagi masyarakat dan diharapkan kejadian tersebut tidak terjadi lagi," ujar Erlangga dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (25/5/2020).

Setelah mendapatkan laporan tersebut, Propam Polrestabes Bandung segera melakukan pemeriksaan kepada oknum polisi tersebut pada siang harinya, sekitar pukul 12.30. "Terhadap yang bersangkutan, Bripka HI, langsung dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polrestabes Bandung," kata Erlangga.

Dari hasil pemeriksaan, disimpulkan bahwa benar pada Senin pagi, Bripka HI yang menggunakan kendaraan roda empat diberhentikan anggota Lantas Polresta Bandung karena tidak menggunakan masker. Bukannya menurut, Bripka HI malah tidak terima dan mengeluarkan kata-kata kasar kepada petugas.

"Bapak Kapolda Jabar menaruh perhatian khusus terhadap perilaku oknum anggota Polrestabes Bandung tersebut dengan tidak memberikan toleransi, dengan berdasarkan Keputusan Kapolda Jabar Nomor : KEP/ 681/ V / 2020 tanggal 25 Mei 2020, yang bersangkutan dimutasikan dari Satlantas Polrestabes Bandung ke Yanma Polda Jabar dalam rangka pemeriksaan oleh Propam Polda Jabar," pungkasnya.

(yum/mud)