Bupati Sumedang Minta Warganya Tak Kembali ke Perantauan

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 19:27 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir raih gelar doktor dari Unpad
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Siti Fatimah)
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyarankan warganya yang sudah terlanjur mudik tak kembali ke perantauan sementara waktu. Terutama warganya yang merantau ke DKI.

Pasalnya Pemprov DKI memastikan pemudik akan sulit kembali ke Jakarta. Dony pun menyarankan warga yang ingin kembali ke Jakarta untuk tetap diam di Sumedang guna mencegah penyebaran virus Corona.

"Ini anjuran dari Jakarta tidak boleh kembali lagi, untuk kebaikan semuanya saya pun sarankan untuk tidak dulu berangkat sebelum benar-benar terkendali," kata Dony kepada Detik.com, Senin (25/5/2020).

Menurutnya hal ini dapat memicu terjadinya pergerakan orang, sehingga pemerintah daerah akan kesulitan lagi dalam memantau atau mendata warga tersebut.

"Nah bolak balik seperti ini kan bisa menyusahkan daerahnya, walaupun saya bisa memahami kerja disana walau bagi Sumedang itu silahkan saja bahkan tidak boleh tidak," ucap Donya.

Menurut Dony, dirinya hanya menyarankan bukan untuk melarang kembali, sebab ia memahami sesama pemerintahan itu harus saling membatu apalagi dalam kondisi wabah COVID-19. Maka dirinya akan memberikan saran sebelum mereka kembali ke daerahnya.

"Jadi ada saran dari DKI agar tidak berangkat lagi, namun kita sarankan lagi disini. Karena anda sudah masuk Sumedang dan di rapid test dan kemudian kembali ke Jakarta atau ke tempat lain, nanti setelah corona terkendali dan setelah daerah asal membolehkan untuk kembali," ucapnya.

"Disarankan sesuai dengan harapan tempat mudiknya, sambil nunggu situasi sudah kondusif, karena kita tidak bisa melarang orang untuk tidak bekerja," tegas Dony.

(mud/mud)