Pandemi, Ziarah Kubur di TPU Kota Bandung Sepi Saat Lebaran

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 19:12 WIB
Berziarah ke makam anggota keluarga jadi tradisi yang kerap dilakukan di momen-momen Lebaran. Kawasan TPU Tanah Kusir pun tampak ramai didatangi para peziarah.
Ilustrasi ziarah makam (Foto: Grandyos Zafna)
Bandung -

Angka kunjungan peziarah ke sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Bandung menurun drastis pada Idul Fitri 1441 H. Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung memantau, tingkat kunjungan peziarah merosot tajam saat wabah COVID-19 muncul.

"Peziarah di TPU-TPU Kota Bandung turun drastis, yang ziarah tahun ini hanya berkisar 5 sampai 20 persen," ujar Sekretaris Distaru, Agus Hidayat saat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Senin (25/5/2020).

Agus mengatakan, angka pasti jumlah kunjungan ke 13 TPU yang dikelola Distaru tak bisa diprediksi. Presentase tersebut muncul dari pengamatan petugas di lapangan."Kan yang ziarah engak pernah dihitung persis, karena tidak ada karcis masuk atau peron untuk para peziarah," katanya.

Ia pun telah mengimbau kepada masyarakat agar tak melakukan ziarah terlebih dahulu selama pandemi COVID-19 berlangsung. Sepinya pemakaman juga terpantau di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung saat Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

TPU yang biasanya ramai dikunjungi saat lebaran, menjadi sepi. Hal itu berbanding lurus dengan larangan mudik dan berkerumun yang dicanangkan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

(yum/mud)