Lebaran di Tahanan, Pembesuk Rutan Polda Banten Gunakan Aplikasi Zoom

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 18:13 WIB
Warga silaturahmi menggunakan aplikasi Zoom
Foto: Dokumentasi Humas Polda Banten
Serang -

Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Banten menggunakan aplikasi Zoom untuk memfasilitasi pembesuk di Rutan Polda saat momen Lebaran 2020. Keluarga pembesuk disediakan layar agar tetap saling komunikasi untuk menghindari terpapar virus Corona.

Keluarga tahanan juga terlihat mengantri di halaman Direktorat Tahti Polda untuk mendapat giliran menyapa. Disediakan layar monitor dan masing-masing tahanan diberi kesempatan 2 orang untuk komunikasi sambil berlebaran.

"Dalam rangka mendukung aturan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pelayanan besuk tahanan sudah 1 bulan yang lalu kita gunakan fasilitas Zoom sehingga tidak terjadi kontak antara keluarga dengan tahanan yang dibesuk," kata Direktur Tahti Agus Rasyid dalam keterangan yang disampaikan ke wartawan di Serang, Minggu (24/5/2020).

Warga katanya mengapresiasi pemberian fasilitas aplikasi ini di momen Lebaran. Meskipun saat ini masih ada pandemi karena virus Corona.

Di keterangan yang sama Kabid Humas Kombes Edi Sumardi menyampaikan bahwa pelayanan di lingkungan Polda Banten menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Pengunjung atau warga diminta mentaati aturan pemerintah untuk social distancing, menggunakan masker, cuci tangan dan pola hidup sehat.

"Ini dalam rangka memutus mata rantai virus Corona," ujarnya.

(bri/mso)