Pandemi Corona, Penjualan Bunga Hias di Cimahi Turun Drastis

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 18:19 WIB
Penjual Bunga Hias di Cimahi
Penjual bunga hias di Cimahi. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Cimahi -

Sehari menjelang Idul Fitri, penjualan bunga hias dan bunga tabur untuk ziarah makam yang menjadi tradisi masyarakat turut terdampak virus Corona atau COVID-19. Penjual bunga di Kota Cimahi mulai bermunculan, namun tak diikuti dengan pembeli yang justru tak sebanyak Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya.

Yeni Roswanti (28), pedagang bunga di Jalan Gedung Empat, Kota Cimahi, mengungkapkan pada Idul Fitri kali ini penjualan bunga hias dan bunga untuk nyekar mengalami penurunan cukup drastis.

"Biasanya sehari mau lebaran itu pasti stok bunga sudah hampir habis. Tapi tahun ini justru masih banyak. Penurunan penjualan bunga hampir 70 persen," kata Yeni saat ditemui, Sabtu (23/5/2020).

Jenis bunga yang selalu dicari pembeli menjelang Idul Fitri di antaranya bunga sedap malam, aster, seruni, atau bunga nyekar yang sudah dibungkus juga mengalami penurunan harga.

"Sekarang sedap malam hanya Rp 5 ribu per tangkai, biasanya Rp 10 ribu per tangkai. Yang paling laku memang sedap malam, karena jadi ciri khas kalau lebaran," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2