Beroperasi Saat PSBB, Toko Pakaian di Bogor Disegel-Didenda

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 17:40 WIB
Segel Toko di Bogor
Petugas Satpol PP menyegel toko di Kota Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Satpol PP Kota Bogor menyegel toko pakaian di Jalan Dewi Sartika, Pasar Anyar, Kota Bogor, Sabtu (23/5/2020). Tak hanya disegel, toko pakaian dua lantai itu juga kena sanksi dengan denda sesuai aturan PSBB.

Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustian Syah mengatakan penyegelan dilakukan karena toko pakaian tersebut melanggar Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 30 Tahun 2020. Ayus menyebut, toko itu bahkan sudah pernah ditegur secara resmi karena tetap buka saat PSBB diberlakukan.

"(Toko) Ria Busana itu sudah pernah kita peringatkan, hari ini kita datang ke sini masih buka, kita segel dan berikan denda lima juta rupiah," kata Agus, Sabtu (23/5/2020).

"Penyegelan ini berlaku sementara hingga massa PSBB berakhir," ia menambahkan.

Selain toko Ria Busana, kata Agus, beberapa toko pakaian dan non pangan lainnya juga ditutup paksa dan kena sanksi sesuai aturan dalam PSBB. "Diberikan juga sanksi denda bagi pelanggar yang diperoleh angka satu sampai sepuluh juta rupiah tergantung penilaian dari kita," ujar Agus.

Sejauh ini, lanjut dia, sedikitnya sudah ada 10 toko pakaian yang disegel karena tetap beroperasi selama PSBB berlaku. "Sampai saat ini ada sebelas toko yang disegel, salah satunya ini," kata Agus.

Sementara untuk pedagang pakaian di wilayah dalam Pasar Anyar, pihaknya tidak menyegel lantaran telah diatur dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 yang membolehkan pasar tradisional beroperasi meliputi seluruh pedagangnya.

"Memang ini kontradiktif dari segi aturan, kita keras dengan pedagang baju di luar pasar namun di dalam pasar bisa berjalan, karena Permenkes itu," tutur Agus.

(bbn/bbn)