Kapolda Jabar Imbau Warga Salat Id di Rumah dan Tidak Takbir Keliling

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 16:34 WIB
Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi
Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengimbau masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak menggelar takbir keliling saat lebaran besok.

"Harusnya masyarakat mengerti. Pemerintah telah mengimbau agar salat Idul Fitri di rumah. Apalagi Cirebon ini kan kalau data di Pemprov Jabar masuk ke zona merah," kata Rudy usai meninjau pos pengamanan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020).

Rudy menjelaskan seruan untuk salat Idul Fitri berjemaah di rumah masing-masing itu bersifat imbauan, artinya pemerintah tak melarang. Bahkan, lanjut dia, jika ada masyarakat tetap salat Idul Fitri berjemaah di masjid atau musala, pihaknya akan menerjunkan personel untuk mengamankan jalannya salat id.

"Kalau ada masyarakat yang melaksanakan salat id berjemaah di luar rumah, nanti kapolres dan dandim mengamankan. Kita akan imbau agar masyarakat patuhi protokol kesehatan," ucapnya.

"Kita juga mengimbau agar masyarakat tidak menggelar takbir keliling. Iya imbauan. Kita akan minta masyarakat untuk tidak mengadakan ini," kata Rudy menambahkan.

Polda Jabar akan memperketat penjagaan di jalur-jalur yang dilintasi para pemudik. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 72 ribu kendaraan yang hendak mudik diputar balik saat melintas di wilayah Polda Jabar.

(bbn/bbn)