Pandemi Corona

Open House Idul Fitri di Rumah Dinas Ridwan Kamil Ditiadakan

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 09:22 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: tangkapan layar program Pulang Kampung Digital)
Bandung -

Pandemi COVID-19 membuat kegiatan open house di rumah dinas gubernur Jawa Barat yang biasa dihelat seusai Salat Idul Fitri ditutup sementara untuk umum. Informasi itu disampaikan oleh Atalia Praratya Kamil, istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dalam segmen Pulang Kampung Digital bersama detikcom, Jumat (22/5) malam kemarin.

"Open house Gedung Pakuan dalam kondisi seperti ini ditutup dulu, biasanya ada 1.000 sampai 2.000 orang berkumpul, kita akan umumkan juga hal ini karena warga biasanya pada berdatangan," ujar Atalia didampingi Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil kembali menyambung percakapan istrinya. Menurut Emil, sapaannya, 70 persen warga yang terpapar COVID-19 di Jawa Barat berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Emil menjelaskan hal ini yang membuat pencegahan COVID-19 menjadi lebih rumit.

"OTG dia bisa saja bawa surat tugas, traveling, kalau orang yang terkena COVID-19 di rumah sakit mudah dirawat, tapi kalau OTG ini orang sakit tapi tidak terlihat sakit," ujarnya.

Kang Emil menyebut, setelah pandemi berakhir, empati warga akan meningkat. Dalam 'new normal' mendatang, kata dia, orang akan lebih sigap dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan, meski berada di luar negeri.

"Kalau ada negara lain kena, kita tidak cuek. Misa di Filipina, Malaysia, kepedulian akan naik, ekonomi digital akan naik, makanya Jabar akan melengkapi dengan infrastruktur internet," ucap Emil.

(yum/bbn)