Satu Pasien Klaster Hipmi Asal Bandung Sembuh dari Corona

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 15:50 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Satu dari dua pasien positif virus Corona yang berasal dari kluster Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) asal Kabupaten Bandung dinyatakan sembuh. Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah lakukan tes swab yang keempat kalinya.

Sebelumnya, pasien tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). Karena hampir satu bulan lebih usai kegiatan Hipmi dirinya baru dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Dirinya diimbau agar mengisolasi diri di Balai Latihan Kerja (BLK) Baleendah, Kabupaten Bandung. Beberapa hari lalu, dirinya telah dinyatakan sembuh oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

"Satu orang sembuh dari dua pasien kluster Hipmi yang positif virus Corona," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman, Jumat (22/5/2020).

Yudi menambahkan, pasien tersebut diduga tertular ketika menghadiri kegiatan Musda Hipmi Jabar di Karawang. Ia bersama 20 rekannya hadir dalam kegiatan tersebut dan sempat berkontak dengan beberapa pejabat yang kemudian dinyatakan positif virus Corona dan telah sembuh.

Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah dirinya melakukan tes swab sebanyak empat kali. Hasil tes terakhir menunjukkan negatif atau dikatakan sembuh dari virus Corona.

"Setelah empat kali lakukan tes swab. Hasil terakhir sudah negatif," tambahnya.

Sedangkan satu pasien lagi, ujar Yudi, sedang menunggu hasil tes swab. Ia berharap agar hasilnya menunjukkan negatif virus Corona.

"Sedangkan satunya lagi sedang menunggu hasilnya, diperkirakan usai lebaran. Mudah mudahan hasilnya negatif," terangnya.

Sekadar diketahui, per tanggal 21 Mei 2020, jumlah pasien yang terkonfirmasi terinfeksi virus Corona berjumlah 65 orang. Dari 65 orang tersebut yang masih dalam perawatan berjumlah 43 orang.

Kemudian yang telah dinyatakan sembuh berjumlah 17 orang dan meninggal dunia berjumlah lima orang.

(mud/mud)