Pemkot Cimahi Ajak Warga Salat Idul Fitri di Rumah

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 10:52 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Cimahi -

Pemkot Cimahi mengajak warga melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing dan tidak memaksakan menggelar salat di lapangan serta masjid. Hal itu guna mencegah meluasnya penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan keputusan tersebut diambil setelah berkonsultasi dengan MUI. Cimahi saat ini tengah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial.

PSBB parsial sendiri diterapkan usai pelaksanaan PSBB tahap 2 yang baru selesai pada Selasa (19/5) malam. PSBB parsial di Cimahi akan berlangsung hingga 29 Mei.

"Untuk salat Idul Fitri kami minta agar dilaksanakan di rumah masing-masing. Karena sekarang masih dalam masa PSBB tahap tiga," ujar Ajay saat ditemui, Rabu (20/5/2020).

Agar imbauan soal pelaksanaan salat Idul Fitri tidak dilaksanakan di masjid dan lapangan, pihaknya segera menerbitkan surat edaran. "Nanti akan ada surat edarannya dari Pemkot Cimahi dan dari MUI juga. Yang MUI mungkin akan diberikan ke Ketua DKM masjid-masjid di Cimahi," kata Ajay.

Ketua MUI Kota Cimahi Alan Nur Ridwan mengatakan terkait pelaksanaan salat Idul Fitri wajib mengikuti aturan dalam pelaksanaan PSBB parsial yang sedang diterapkan. "Harus ikuti aturan, karena tidak ada pelonggaran selama PSBB Cimahi ini. Apalagi Cimahi masuk zona merah, yang boleh di masjid dan lapangan itu hanya zona kuning, biru, dan hijau," ujar Alan.

Pihaknya akan memanggil pengurus DKM masjid yang memaksakan melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau lapangan. Namun pihaknya berharap tidak ada yang melanggar aturan PSBB.

"Bisa saja nanti kami lakukan teguran dan pemanggilan, tentunya koordinasi dengan pemerintah. Tapi kami minta ikuti aturan, jangan melanggar, kan ini demi kebaikan bersama," tutur Alan.

Simak video Mahfud Md: Ada Covid-19, Salat Id Bersifat Masif di Lapangan Dilarang:

(bbn/bbn)