Warga Cianjur Temukan Seekor Kukang di Halaman Rumah

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 07:01 WIB
kukang di rumah warga di cianjur
Foto: Ismet Selamet
Cianjur -

Seekor Kukang berhasil diamankan di halaman rumah warga di Kampung Cangklek Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Rabu (20/5/2020) dini hari. Primata dilindungi tersebut rencananya diserahkan ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Informasi yang dihimpun detikcom, satwa yang gerakannya lambat dengan warna rambut abu-abu kehitaman dan garis hitam melintang di bagian punggung hingga dahi itu ditemukan saat pemilik rumah berada di teras rumahnya sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (20/5/2020).

Saat melihat pohon, pemilik rumah menemukan seekor hewan yang merangkak pelan. Dia pun memanggil warga yang melintas untuk menangkapnya.

"Kebetulan saya melintas, pemilik rumah lagi ada di teras dan memanggil. Katanya ada hewan di pohon di halaman rumahnya. Begitu dilihat, ternyata itu Kukang, hewan yang dilindungi," ujar Ajat Maulidin (35) warga Cangklek Kecamatan Cugenang, Rabu (20/5/2020).

Dibantu pemilik rumah, dia pun menangkap hewan berukuran sekitar 20 centimeter tersebut.

Dia pun segera membawa Kukang untuk dimasukkan dalam kandang seadanya yang terbuat dari kayu bekas wadah telur.

"Daripada pergi, langsung saya amankan. Nyari kandang tidak ada, pakai kotak bekas telur. Ukurannya kan cukup besar, jadi Kukang nya masih bisa bergerak leluasa," ungkapnya.

Rencananya, dia akan segera melaporkan temuan warga ke BBKSDA untuk dievakuasi. Jika dibiarkan di tempat yang bukan habitatnya, dikhawatirkan Kukang tersebut menjadi buruan pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Tadi melalui teman sudah coba koordinasi dengan petugas dari BBKSDA. Tapi belum dapat kabar lagi, kapan akan datangnya. Sementara disimpan di rumah hingga datang petugas untuk dievakuasi dan dilestarikan kembali ke alam," tuturnya.

Dia mengaku tidak bisa memastikan hewan tersebut perliharaan yang lepas atau memang dari alam di sekitar lokasi ditemukan. Tapi, hewan tersebut cenderung tenang dan jinak.

"Mungkin nanti dari BBKSDA yang bisa jelaskan, apakah ini peliharaan yang lepas atau bukan. Tapi saya harap hewan yang dilindungi ini bisa tetap di alam dan terjaga," ucapnya.

Di sisi lain, petugas BBKSDA segera berkomunikasi dengan warga yang berhasil mengamankan Kukang tersebut untuk dilakukan evakuasi.

"Iya itu dilindungi, kami akan berkoordinasi dengan warga yang mengamankan. Segera dievakuasi oleh tim di Cianjur," ujar Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat, Lana Sari.

(ern/ern)