MUI Jabar Ajak Masyarakat Salat Idul Fitri di Rumah

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 15:36 WIB
Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei
Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe'i (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri tahun ini di rumah. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Sebaiknya di rumah saja, mengapa kami katakan sebaiknya di rumah saja, yang terkendali dan tidak terkendali ini masih kemungkinan (kondisi wabah COVID-19) menjaga yang sudah terkendali," kata Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe'i dalam konferensi pers uang digelar di Kantor MUI Jabar Jalan Ciliwung Kota Bandung, Selasa (19/5/2020).

Ia menjelaskan bahwa menolak kesulitan itu dianjurkan oleh agama. "Oleh karena itu salat di rumah lebih baik," ucap Rachmat.

Bila wilayahnya tidak terkendali berkaitan kasus penyebaran COVID-19, menurut Rachmat, masyarakat harus melaksanakan salat id di rumah. "Karena jelas-jelas tidak terkendali, kemungkinan besar itu akan mempercepat atau tidak mengurangi corona itu sendiri," tuturnya.

Selain itu, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk merayakan Idul Fitri secara sederhana. "Kami imbau kepada masyarakat agar dalam merayakan Idul Fitri ini dilakukan secara sederhana, khusyuk dan penuh syukur serta melakukan muhasabah (introspeksi diri) dengan tidak mengurangi syiar Idul Fitri itu sendiri," ujar Rachmat.

(wip/bbn)