Warga Indramayu Terjangkit COVID-19 Bertambah, Total 13 Pasien

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 20:04 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Foto: Edi Wahyono)
Indramayu -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu mengumumkan adanya seorang pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan adanya penambahan satu pasien itu, saat ini total pasien positif di Indramayu mencapai 13 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan pihaknya menerima hasil tes swab dari Labkesda Provinsi Jabar terkait adanya pasien positif berinisial S (53) pada 16 Mei kemarin. Deden menceritakan awalnya pasien berinisial S itu berencana membuat surat keterangan sehat bebas COVID-19 dari puskesmas setempat. Kemudian, pihak puskesmas merujuk pasien ke rumah sakit yang menangani COVID-19.

"Pasien ini sempat mengeluhkan batuk selama satu bulan. Yang bersangkutan ini berencana balik kerja ke Semarang, ia juga ingin mengikuti rapid test sebagai bukti. Hingga akhirnya dirujuk ke rumah sakit," kata Deden.

Deden mengatakan pasien memeriksakan dirinya ke RS Sentra Medika Langut pada 6 Mei lalu. Setelah menjalani pemeriksaan, pasien dirujuk ke RSUD Indramayu untuk menjalani perawatan di ruang isolasi. Hal tersebut sesuai dengan instruksi tim gugus tugas.

"Pasien sempat diizinkan pulang pada 14 Mei, karena kondisinya membaik. Kemudian, 16 Mei hasil swab keluar. Hasilnya positif, pasien sudah dijemput kembali dan dirawat di RS Bhayangkara Losarang Indramayu," kata Deden.

Deden mengatakan petugas kesehatan telah memantau dan melacak sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan pasien. Tiga di antaranya sempat menjalani rapid test, hasilnya negatif atau non reaktif.

Diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu sempat mengumumkan adanya lima orang positif pada 14 Mei lalu. Kelimanya merupakan satu keluarga.

Hingga saat ini, total pasien positif di Indramayu mencapai 13 orang. Sembilan di antaranya masih menjalani perawatan, sedangkan dua pasien dinyatakan sembuh, dan dua lainnya meninggal dunia.

(mud/mud)