Jelang Lebaran, Satgas Pangan Jabar Klaim Stok-Harga Bahan Pokok Stabil

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 12:23 WIB
Stok pangan di Jawa Tengah dipastikan aman jelang Ramadhan 2020. Stok pangan bahkan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah hingga 3 bulan mendatang.
Ilustrasi stok pangan (Foto: Antara Foto)
Bandung -

Menjelang hari raya Idul Fitri, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Jabar terus melakukan monitoring ketersediaan dan harga bahan pokok. Sejauh ini, stok hingga harga cenderung stabil.

"Kalau harga tetap stabil di Jawa Barat ya. Satgas pangan juga setiap hari bekerja terus melakukan pengawasan dan pemantauan," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Yaved Duma Parembang saat dihubungi, Jumat (15/5/2020).

Yaved yang juga menjabat ketua Satgas Pangan Jabar ini juga menyatakan ketersediaan bahan pokok di Jabar cenderung aman. Dia mencontohkan seperti bawang merah. Menurutnya, stok komoditas hingga harga tersebut aman menjelang hari raya.

"Kita (harganya) turun ya, karena ditunjang sama produksi di Majalengka, Cirebon. Sama bawang putih juga," tuturnya.

Pasokan gula pasir juga cenderung aman. Yaved mengatakan terkait gula pasir, pihaknya terus berkoordinasi dengan Bulog terkait pasokan dan juga harga.

"Kalau pasokan sudah mencukupi, kita kordinasi terus dengan bulog, pasokan sudah mencukupi," kata dia.

Yaved menambahkan kalaupun ada kenaikan harga, dia menduga hal tersebut lantaran rantai distribusi yang panjang. Menurutnya rantai distribusi ini bisa sampai empat mata rantai.

"Seperti yang saya bilang, mata rantai distribusinya ini yang kadang sampai empat mata rantai. Mulai dari Bulog, ke distributor 1,2,3, baru ke masyarakat. Ini yg kadang (berdampak), apalagi kalau jauh dari Bandung," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di lapangan untuk ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar-pasar di Jabar.

"Kita lakukan monitoring, kita datangi pasar termasuk ritel yang ada di kota dan kabupaten," katanya.

Satgas Pangan Polri: Harga Cabai Rawit Naik Hingga 29%:

(dir/mud)