Fakta-fakta Perempuan di Sukabumi Dibakar Hidup-hidup

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 08:57 WIB
Detik-detik warga temukan perempuan dibakar hidup-hidup di Sukabumi
Lokasi kejadian perempuan dibakar hidup-hidup (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Warga yang beraktivitas di area Pasar Gudang, Tipar, Ramayana, Kota Sukabumi digegerkan dengan teriakan minta tolong dari seorang perempuan yang tergeletak di los pasar tepatnya di kios barang rongsokan. Perempuan itu mengalami luka bakar.

Sederet fakta ditemukan terkait penyebab kejadian tersebut, polisi sendiri sudah mengantongi identitas korban sekaligus pelaku yang dengan keji membakar korban.

Terlihat Bersama Temannya

Sebelum ditemukan tergeletak penuh luka bakar, korban sempat terlihat datang ke lsekitar lokasi kejadian bersama seorang perempuan yang diduga merupakan temannya.

"Dia sebelumnya terlihat bersama temannya, seorang perempuan ke lokasi tersebut," kata Usman Hermansyah, warga pasar kepada detikcom.

Korban ditemukan warga sekitar di area Pasar Gudang, Tipar, Ramayana, Sukabumi, Kamis (14/5) sekitar pukul 23.15 WIB. Lokasi tempat korban datang berada di kawasan blok pasar yang sepi. Blok tersebut terpisah 20 meter dari jalanan utama.

"Saya tahu korban terbakar karena lokasi tiba-tiba ramai banyak orang, ketika didekati ternyata perempuan itu dalam keadaan tergeletak merintih kesakitan badannya terbakar," lanjut Usman.

Menurut Usman, tercium bau bensin dari arah korban tergeletak. "Bau bensin menyengat, api sudah padam," imbuhnya.

Polisi Ketahui Identitas Pelaku

Polres Sukabumi Kota mengantongi identitas pelaku pembakaran seorang perempuan yang ditemukan tergeletak di area Pasar Gudang, Tipar, Ramayana, Sukabumi, Kamis (14/5) sekitar pukul 23.15 WIB. Pelaku diburu polisi.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo membenarkan pihaknya sudah mengantongi identitas terduga pelaku. Sementara korban sendiri berinisial I.

"Identitas pelaku sudah kami kantongi, masih dalam tahap pengejaran. Doakan saja cepat tertangkap," kata Wisnu didampingi Kabag Ops Kompol Suryo dan Kapolsek Citamiang, AKP Suwaji, kepada detikcom di lokasi kejadian, Jumat (15/5/2020).

Perempuan di Sukabumi Dibakar Hidup-hidup!:


Korban Selamat

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Pravowo menjelaskan, peristiwa tersebut diketahui setelah anggotanya yang tengah melakukan patroli backbone mendapat laporan warga. Personelnya kemudian menuju ke lokasi dan mengevakuasi korban.

"Anggota Polres Sukabumi kota patroli backbone di wilayah Sukabumi kota, mendapat laporan dari masyarakat. Saat ke TKP anggota menemukan wanita tergeletak. Korban inisial I ditemukan dengan kondisi tubuh terluka bakar saat itu juga korban dibawa oleh anggota kita ke RSUD R Syamsudin SH, " jelas Wisnu.

Terkait kondisi korban, Wisnu menjelaskan saat ini masih mendapat penanganan medis di rumah sakit. "Korban sudah mendapat penanganan medis di rumah sakit," pungkasnya.

Lokasi Penemuan Korban di Kios Rongsokan

Lokasi korban tergeletak berada di kawasan lapak pengepul rongsokan area Pasar Gudang, Tipar. Situasi di lokasi gelap karena minim penerangan. Jarang ada lalu lalang orang melintasi jalanan becek di kawasan tersebut.

"Warga yang berada di sekitar pasar berdatangan karena mendengar korban menjerit minta tolong, bahkan api di tubuh korban dipadamkan oleh warga yang menginap di salah satu kios pengepul rongsokan berdekatan dengan lokasi," kata Ade, warga yang berada di lokasi, Jumat (15/5/2020).

Ade menyebut korban tidak dikenal, ia juga memastikan perempuan yang terbakar hidup-hidup itu bukan pencari rongsokan. "Tidak kenal, bukan yang biasa beraktivitas disini," imbuhnya.

Korban juga diketahui menggelepar-gelepar usai kobaran api dipadamkan dari tubuhnya, tercium bau bensin dan hangus."Gugulipakan, tolong-tolong. Dia juga sempat menyebut nama seseorang, tidak lama polisi datang dan mengevakuasi korban ke rumah sakit," tutur Ade.

Video Korban Viral

Video perempuan dibakar hidup-hidup viral di aplikasi perpesanan, perempuan itu tergeletak di emperan salah satu kios pengepul barang rongsokan di Pasar Gudang, Tipar, Ramayana Kota Sukabumi.

Dalam video berdurasi 1 menit itu korban terdengar berteriak-teriak minta tolong. Dengan terbata-bata ia juga menceritakan peristiwa yang menimpanya kepada warga yang berada di lokasi, dalam video selain warga terlihat juga kendaraan patroli kepolisian.

"Aduh tolong, tolong Ya Allah dibakar bensin," teriak korban dalam video seperti dilihat detikcom, Jumat (15/5/2020).

Seseorang dalam video kemudian bertanya (dibakar) oleh siapa, korban kemudian menyebut nama Vina. "Sama yang namanya Vina bang, barang aku semuanya diambil," lirih korban.

Suara dalam video suara korban sesekali terdengar kurang jelas karena banyak warga yang juga bercakap-cakap di sekitar lokasi. "Bilangnya minta bantuan, tolong pak bilangnya minta bantuan, aduh, aduh," ujar korban lagi.

(sya/mso)