9 Bulan Buron, 2 Pembunuh Sri Wulandari Berhasil Ditangkap

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 16:28 WIB
Pembunuh Sri berhasil ditangkap
Dua pelaku pembunuh Sri (Foto: Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Sembilan bulan pencarian, Satreskrim Polres Cianjur berhasil menangkap MR (30) dan MD (33) pelaku pembunuhan Sri Wulandari yang jasadnya ditemukan di bantaran Sungai Citarum, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur pada Juli 2019 lalu.

Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Niki Ramdhani mengatakan sejak ditemukannya jasad korban, pelaku langsung kabur ke luar Cianjur. Petugas sempat kesulitan melacak keberadaan pelaku yang terus berpindah-pindah.

Bahkan ada tiga tempat yang informasinya didatangi pelaku untuk kabur dan bersembunyi, yakni Bali, Lombok dan Bandung.

"Kami sempat mengejar pelaku begitu ada informasi keberadaanya di Bandung. Tapi ternyata lolos," ucap Niki kepada detikcom, Kamis (14/5/2020).

Namun pada akhirnya pelaku berhasil ditangkap polisi saat pulang ke Cianjur, setelah sembilan bulan 'kucing-kucingan' dengan petugas.

"Ditangkap kemarin saat pulang ke Cianjur, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibeber," kata dia.

Niki mengungkapkan, para pelaku merupakan relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Dinsos Kabupaten Cianjur. "Sudah kami konfirmasi ke Dinsos nya bukan PNS. Pelaku sebatas relawan Tagana," kata Niki.

Dia mengatakan, pelaku berisnial MR memiliki hubungan dekat dengan korban. Namun pelaku malah tega membunuh perempuan yang telah berkeluarga dan memiliki seorang anak perempuan yang masih kecil.

"Iya pelaku memiliki hubungan dengan korban. Karena ada percekcokan, pelaku membunuh korban dan membuangnya ke sungai Citarum. Dibantu temannya, MD yang juga satu pekerjaan sebagai relawan Tanaga," ujarnya.

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Cianjur untuk diproses lebih lanjut. Pelaku dikenakan pasal 340 dan pasal 338 KUHP. "Ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun," kata dia.

Sekadar diketahui, Juli 2019 warga dihebohkan dengan penemuan jasad seorang perempuan mengambang di aliran Sungai Citatum, Kampung Pasir Baru, RT 002 RW 006 Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Jasad perempuan bernama Sri Wulandari pertama kali ditemukan seorang pemancing. Kemudian jasad perempuan itu dievakuasi ke atas rakit. Setelah itu saksi melaporkan hal itu ke kepala desa setempat.

Ditemukan banyak luka lebam di bagian wajah dan leher korban. Sehingga polisi menduga jika perempuan yang diketahui bersama Sri Wulandari itu merupakan korban pembunuhan.

(mso/mso)