Polisi Selidik Napi Pengendali Remaja Bandar Ganja di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 14:20 WIB
Pelajar SMP Bandung Barat jadi bandar ganja jaringan Lapas di Sumbar
Salah satu tersangka pengedar ganja di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Jajaran Satresnarkoba Polres Cimahi masih mendalami peredaran ganja yang melibatkan seorang remaja berusia 14 tahun. Polisi melacak otak peredaran barang haram tersebut.

Pihak kepolisian mengamankan ND (14), warga Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, lantaran menguasai dan menjual narkotika jenis ganja melalui media sosial.

Parahnya lagi, ND yang masih duduk di bangku kelas 2 SMP berperan sebagai bandar. Ia mendapatkan barang haram tersebut dari seorang narapidana di Lapas Padang, Sumatra Barat.

"Kami masih melakukan pendalaman terhadap seseorang atas nama Abang yang diduga seorang napi di Lapas Sumatera Barat. Dugaan kami ia menjadi otak pengendali ganja yang diedarkan ND," ungkap Kasatres Narkoba Polres Cimahi, AKP Andry Alam, saat dihubungi, Kamis (14/5/2020).

Awal perkenalan ND dengan Abang, saat ND membeli ganja melalui media sosial. ND kemudian menjadi pelanggan tetap napi tersebut, dan sering diberikan jatah ganja gratis namun dengan syarat tertentu.

"Perkenalan berawal dengan beli ganja paket murah di facebook. Lanjut dikasih gratis. Setelah itu diminta tolong jual ganja secara online. Jadi mereka ini sama sekali belum pernah ketemu, hanya mengandalkan azas kepercayaan saja," tuturnya.

Semua akun yang digunakan untuk menjual ganja di media sosial tersebut merupakan akun palsu. Hal itu dilakukan untuk mengecoh pihak kepolisian yang melakukan pengawasan dan patroli cyber.

"Semua akun yang digunakan tersangka untuk transaksi paket ganja itu akun palsu. Tapi tetap ada jejak digitalnya milik pelanggannya," bebernya.

Kasus penyalahgunaan narkotika yang dilakukan ND tersebut berawal dari kecurigaan polisi lantaran ada seseorang kerap melakukan pengiriman paket dengan barang yang sama melalui jasa JNT Cabang Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kemudian, Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi menemukan adanya rekaman CCTV di kantor jasa pengiriman itu menunjukkan orang yang sama selalu mengirimkan barang yang serupa.

"Kita komunikasi dengan JNT dan dicek ternyata tim menemukan ada pengiriman barang berupa ganja melalui paket penitipan JNT," ujarnya.

Setelah diyakini barang kiriman tersebut berupa ganja, pada Senin (11/5/2020) sekitar pukul 09.30 WIB, polisi mengamankan seorang pemuda berinisial WL (19) yang diduga sebagai kurir pengiriman ganja.

Dari tangan kurir tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa enam paket ganja yang rencananya akan dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia. "Selain melakukan pengiriman, WL juga seringkali melakukan pengambilan kiriman paket dari Sumatra Barat," tandasnya.

(mud/mud)