Pelajar di Bandung Barat Jadi Bandar Ganja Jaringan Lapas Sumbar

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 03:25 WIB
Pelajar SMP Bandung Barat jadi bandar ganja jaringan Lapas di Sumbar
Pelajar SMP Bandung Barat jadi bandar ganja jaringan Lapas di Sumbar (Foto: Whisnu Pradana)
Cimahi -

Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi mengungkap kasus peredaran narkotika jenis ganja lewat media sosial (medsos). Pelaku memanfaatkan jasa ekspedisi untuk mengirimkannya kepada pemesan.

Mirisnya, kasus penyalahgunaan narkotika itu melibatkan seorang bocah berusia 14 tahun masih berstatus pelajar SMP, berinisial ND yang berperan sebagai bandar dan mengontrol pelaku lainnya, WL (19), sebagai kurir.

Setelah dilakukan pengembangan dan penggeledahan di rumah ND, ternyata tersangka mendapatkan barang tersebut dari seorang narapidana di wilayah Sumatera Barat.

"Kita lakukan penggeledahan di rumah tersangka ND, dan didapati ada paket ganja dengan jumlah cukup banyak. Dia dapat barang dari seorang napi di Sumatera Barat," ungkap Kapolres Cimahi, AKBP M. Yoris Maulana Yoris Marzuki, didampingi Kasatresnarkoba Polres Cimahi, AKP Andry Alam, Selasa (12/5).

Pihaknya kemudian melakukan pengembangan ke seluruh narapidana yang terkait dan penerima paket dari kedua tersangka tersebut.

"Kita akan lakukan pengembangan, baik ke narapidana dan seluruh paket yang sudah dikirimkan," jelasnya.

Sebelum mengungkap peran ND sebagai bandar, kasus tersebut terkuak dari patroli cyber yang dilakukan jajarannya. Dari patroli tersebut, didapati seseorang dicurigai lantaran kerap melakukan pengiriman paket dengan barang yang sama melalui jasa JNT Cabang Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kemudian, Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi menemukan adanya rekaman CCTV di kantor jasa pengiriman itu menunjukkan orang yang sama selalu mengirimkan barang yang serupa.

"Kita komunikasi dengan JNT dan dicek ternyata tim menemukan ada pengiriman barang berupa ganja melalui paket penitipan JNT," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2