PSBB Kota Bogor Tahap 3 Akan Diberlakukan Lebih Ketat

Sholihin - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 19:17 WIB
Bima Arya tegaskan tidak ada relaksasi PSBB di Kota Bogor
Foto: M. Solihin
Bogor -

Pemkot Bogor sepakat mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meskipun tren penyebaran Corona di Kota Bogor mulai landai.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan berdasarkan data yang dimiliki Pemkot Bogor menunjukkan bahwa tren penyebaran virus Corona di Kota Bogor mulai melandai. Namun menurutnya, hal tersebut justru harus dikawal lebih ketat agar penanganan Covid-19 di Kota Bogor dilakukan lebih cepat.

"memang data menunjukan bahwa tren penyebaran Covid19 di Kota Bogor cenderung melandai, baik dari jumlah penambahan pasien positif, maupun jumlah pasien positif yang sembuh memberikan angka-angka yang baik," kata Bima.

"Namun demikian di sini kami juga sepakat, bahwa tren yang melandai itu harus diiringi oleh langkah-langkah yang lebih ketat. Karena kita ingin adanya percepatan dalam penanganan covid19 ini," imbuhnya.


Yang perlu diantisipasi dalam waktu dekat, lanjut Bima, yakni momen lebaran yang biasanya digunakan banyak orang untuk bersilaturahmi dan berkerumun. Perlu langkah yang tepat dan ketat agar tetap bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Oleh karena itu Forkopimda disini (Kota Bogor), dengan menganalisis data dari pakar epidemilogis, teman-teman Dinas Kesehatan dan Dishub, Kepolisian, TNI semua, kita sepakat untuk mengajukan secara resmi kepada gubernur jawa barat untuk PSBB tahap tiga," beber Bima Arya.

PSBB tahap tiga Kota Bogor rencananya akan mulai diberlakukan mulai Selasa (12/5/2020) dinihari nanti, sesuai masa berakhirnya PSBB Kota Bogor tahap 2.

"(PSBB tahap 3) Selama 14 hari yang dmulai besok," kata Bima.


PSBB tahap 3, kata Bima, akan diberlakukan lebih ketat lagi. Pihaknya akan merumuskan hal-hal detail terkait tehnis dan sanksi sesuai kewenangan Pemkot Bogor, termasuk pengaturan ketat terkait penumpang KRL yang akan ke Jakarta.

"Kemudian yang terakhir, kami menerima masukan juga dari ketua DPRD Kota Bogor, bahwa langkah tegas mengawal pelaksanaan PSBB ini juga harus diimbangi dengan perhatian untuk memberikan bantuan kepada warga agar sampai ke warga," kata Bima.

(ern/ern)