Jelang Lebaran, Ridwan Kamil Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 15:29 WIB
Ilustrasi Beras
Ilustrasi (Foto: Dok Kementan).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini terjadi surplus beras dan ayam di Jawa Barat. Kelebihan stok itu, rencananya akan ditawarkan ke provinsi lain yang kekurangan.

"Kita surplus ayam dan beras. Yang defisit itu gula, ini memang menjadi masalah di semua daerah. Kalau tidak telur, selama ini telur kita impor dalam tanda kutip ke provinsi tetangga," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (8/5/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, pihaknya akan mendorong perdagangan antar daerah dengan memakai skema yang baru. Hal itu dilakukan untuk menyiasati komoditas yang defisit.

"Para gubernur sepakat perdagangan antar provinsi akan jadi atensi lebih besar, beras yang surplus akan saya tawarkan ke provinsi yang lainnya," katanya.

Kang Emil mengatakan, secara umum persediaan logistik lainnya masih aman hingga beberapa bulan ke depan. "Kami juga memastikan persediaan logistik sampai Lebaran itu aman terkendali sampai beberapa bulan ke depan. Oleh fasilitasi Kementerian Perdagangan, kita bisa melakukan supply dan demand lebih terkendali dan terpercaya," ucapnya.

Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto mengatakan, stok beras secara nasional masih cukup hingga bulan Juli mendatang. "Sekarang musim panen raya, tetapi pada masa tanam berikutnya dipercepat karena diprediksi kemarau akan panjang, kaitan dengan gula beberapa waktu memang ada shortage, karena perubahan musim giling yang harusnya April bergeser ke Juni," ujar Agus.

(yum/mso)