Hari Pertama PSBB Jabar, Arus Kendaraan Tol Bocimi Turun Drastis

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 18:41 WIB
Tol Bocimi
Tol Bocimi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat, ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepi kendaraan. Pihak pengelola mengatakan terjadi penurunan drastis kendaraan yang melintas hingga 42 persen.

Manajer Operasional Tol Bocimi, Kirman menduga kondisi itu dipengaruhi juga dengan aturan PSBB yang diberlakukan untuk seluruh Jabar, termasuk penerapan hari ini oleh Kabupaten Sukabumi.

"Dalam kondisi penerapan PSBB di ruas tol Ciawi Sukabumi terjadi penurunan drastis dipengaruhi juga dengan ruas yang terintegrasi dengan tol kami. Lalu lintas sampai saat ini dibandingkan bulan kemarin turun sampai 42 persen," kata Kirman kepada awak media, Rabu (6/5/2020).

Kirman menjelaskan kendaraan yang melintas masih didominasi jenis kendaraan pribadi, menyusul kemudian kendaraan angkutan barang ukuran besar. "Kendaraan mayoritas masih di golongan satu kendaraan pribadi, namun posisi memang berkurang," ucapnya.

Sepanjang pemberlakuan PSBB, pihaknya tetap memberlakukan sistem sif dan memberlakukan upaya protokol kesehatan baik kepada karyawan maupun tamu yang datang. "Kita lakukan SOP dan protap. Setiap petugas dan tamu harus cuci tangan dengan sabun mengenakan masker dan ketika masuk ruangan pakai hand sanitizer, juga dicek suhu tubuh," tuturnya.

"Sopir dan penumpang juga tidak boleh berdampingan, selain itu kita juga rutin menyemprot dengan disinfektan setiap dua jam," kata Kirman menambahkan.

(sya/bbn)