Terdampak Pandemi Covid-19, 'Iron Man' Berjualan Takjil di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 03 Mei 2020 03:54 WIB
Gegara pandemi Corona, Iron Man jualan takjil di Cirebon
Gegara pandemi Corona, Iron Man jualan takjil di Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Ciirebon -

Pandemi merobohkan sektor ekonomi. Bahkan, sampai ke sendi-sendi ekonomi yang paling kecil, seperti pekerja harian yang kehilangan penghasilannya gegara wabah COVID-19.

Seperti yang dirasakan Muhammad Zainus, pemuda asa Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Penghasilan Zainus mengandalkan tingkat kunjungan mal. Sebab, Zainus bekerja sebagai cosplayer, atau orang yang mengenakan kostum karakter komik, animasi, film dan lainnya. Zianus selalu menghibur pengunjung di salah satu mal di Cirebon.

Namun, pandemi membuat mal di Cirebon tutup. Imbasnya, Zainus tak bisa mencari nafkah. "Selain menghibur di mal, saya juga sering dipanggil ke acara-acara. Sekarang sudah sepi," kata Zainus kepada awak media di Jalan Raya Gunung Jati Cirebon, Sabtu (2/5/2020).

Sebelum pandemi, Zoni, sapaan akrabnya, bisa meraup untung sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu per hari. Kendati ia kehilangan penghasilannya karena pandemi, Zoni tak ingin menyerah. Ia pun memiliki ide yang unik. Ya, Zoni memakai kostum salah satu superhero, yakni Iron Man sembari berjualan takjil. Zoni memanfaatkan momentum Ramadhan.

Lapak jualan takjilnya tak jauh dari rumahnya, masih di sekitaran Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. "Alhamdulillah dengan menggunakan kostum Iron Man bisa menarik pembeli. Mereka antusias. Saya tidak mau menyerah. Saya mencoba menjual takjil dengan mengenakan kostum Iron Man," ungkap Zoni.

Tak sedikit pembeli yang meminta swafoto bersama 'Iron Man' asal Cirebon itu. Zoni pun melayani permintaan pembeli dengan ramah.

Rupanya, Zoni juga membawa misi lain. Ia tak cuma menjual takjil, Zoni ingin menghibur anak-anak di tengah pandemi melalui penampilannya itu. Tak sedikit orang tua dan anaknya yang meminta swafoto tanpa membeli jualannya. Namun, Zoni tak menyoal hal tersebut.

"Mau beli atau tidak, yang penting mereka terhibur. Saya sangat senang bisa menghibur anak-anak yang lewat," kata Zoni.

Takjil yang ia jual bervariasi, aneka kolak, gorengan, telur asin, sambel asam, botok roti, dan sebagainya. 'Iron Man' asal Cirebon itu membuka lapaknya sekitar pukul 16.00 WIB di pinggir Jalan Raya Gunung Jati.

Zoni mengaku memiliki sejumlah kostum lainnya, seperti karakter Gundam dan Bima Satri Garuda.

(mud/mud)