Antisipasi Bencana di Tengah Corona, Polresta Cirebon Bekali Anggotanya APD

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 21:17 WIB
Anggota Polresta Cirebon dibekali pengetahuan protokol kesehatan saat bencana
Anggota Polresta Cirebon dibekali pengetahuan protokol kesehatan saat bencana (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Polresta Cirebon menggelar simulasi penanganan bencana di tengah pandemi Corona atau COVID-19. Simulasi penanganan bencana ini didesain sesuai protokol kesehatan.

Kapolresta Cirebon Kombes M Syahduddi mengatakan persiapan penanganan bencana saat pandemi itu sesuai dengan perkiraan cuaca yang diumumkan BMKG. Terlebih lagi, lanjut dia, sejumlah kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tercatat sebagai daerah rawan banjir saat musim hujan.

"Sesuai prediksi BMKG pada akhir April hingga Mei nanti terjadi curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah termasuk Kabupaten Cirebon. Untuk mengantisipasi itu (bencana terjadi) kita sudah siap sesuai protokol kesehatan," kata Syahduddi kepada detikcom usai simulasi bencana di Mapolresta Cirebon, Kamis (30/4/2020).

Pihaknya menyiapkan alat pelindung diri (APD). Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya korban bencana yang terindikasi terjangkit COVID-19. "Jadi, jika ada orang meninggal dunia kita akan evakuasi menggunakan APD. Kita latih personel, jadi personel tak ragu dan siap untuk melaksanakan tugasnya," ucap Syahduddi.

Syahduddi mengaku telah memetakan sejumlah daerah rawan bencana di Kabupaten Cirebon. Wilayah Cirebon timur dan barat, dikatakan Syahduddi, merupakan daerah rawan bencana banjir. Sedangkan, untuk daerah rawan longsor berada di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan.

"Selain simulasi, kita juga mengecek peralatan. Jadi, ketika ada bencana peralatan dan personel kita sudah siap," katanya.

(mud/mud)