PSBB Skala Provinsi Diajukan, Pemkab Karawang Ambil Ancang-ancang

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 19:42 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Karawang -

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jabar sedang ancang-ancang menghadapi rencana PSBB di wilayah Jawa Barat. Pemkab saat ini sedang melakukan persiapan, termasuk menghitung bantuan sosial untuk masyarakat.

"PSBB itu tingkat provinsi. Pak Gubernur sedang mengajukan ke Kementerian Kesehatan. Jadi bukan cuma di Karawang saja tapi di sejumlah wilayah Jawa Barat," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana melalui telepon, Kamis (30/4/2020).

Cellica menuturkan, mayoritas kepala daerah se-Jabar telah menyepakati rencana PSBB itu saat rapat koordinasi dengan Gubernur kemarin. Alhasil, Pemkab Karawang juga segera menyusun persiapan.

"Meski PSBB masih diusulkan ke Kementerian Kesehatan. Kita tetap harus bersiap-siap. Termasuk menghitung jaringan pengaman sosial atau bantuan bagi masyarakat. Bantuan ini diharapkan bisa menolong masyarakat Karawang yang kesulitan akibat pandemi ini," ucap Cellica.

Berdasarkan pendataan Gugus Tugas Corona di Karawang, pandemi kian merebak. Hingga hari ini, terdata 110 pasien positif. Sebarannya tidak hanya di kalangan pejabat, melainkan sudah ke berbagai lapisan masyarakat.

"Teranyar, kita temukan positif COVID sudah masuk ke industri. Sejumlah pegawai di perusahaan otomotif ada yang positif. Sehingga masyarakat harus semakin waspada," kata Sekda Karawang, Acep Jamhuri.

Juru bicara Gugus Tugas Corona Karawang Fitra Hergyana menuturkan, Pemkab terus berupaya memperluas tes. Tujuannya supaya sebaran Corona bisa terpetakan dengan jelas.

"Kita upayakan perluas tes. Karena sudah membeli satu unit alat (PCR) Polymerase Chain Reaction," kara Fitra.

Dengan alat itu, hasil swab test dapat diketahui dalam waktu 4,5 jam. Alhasil, proses bisa lebih cepat dan pelayanan maupun perawatan bagi pasien COVID-19 bisa lakukan secara cepat, tepat dan optimal.

(mso/mso)