Rogan Sup Kuliner Khas Cianjur, Nikmat Disantap Saat Berbuka dan Sahur

ADVERTISEMENT

Unak Anik Jabar

Rogan Sup Kuliner Khas Cianjur, Nikmat Disantap Saat Berbuka dan Sahur

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 10:45 WIB
Sup Rogan di Cianjur
Foto: Rogan Sup sajian nikmat untuk buka dan sahur asal Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Ramadhan tentunya tak lepas dari makanan. Di Cianjur, ada kuliner khas menjadi buruan saat Ramadhan yang dijadikan menu berbuka ataupun menjadi santap sahur.

Kuliner yang mulai populer sejak beberapa tahu lalu itu ialah Rogan yang merupakan singkatan dari bahan baku utama kuliner manis, yakni roti dan kelapa muda.

"Kuliner ini sebenarnya resep dari orangtua saya, memang tidak banyak yang tahu dan membuat. Tapi apa salahnya dicoba, dan ternyata banyak yang suka," ujar Pengusaha Rogan Sup, Kurniawati saat ditemui di rumah produksinya di Jalan Selamet, belum lama ini.

Rogan sup memiliki cita rasa yang unik, gurih dan segarnya air kelapa muda bercampur dengan manisnya roti dan susu kental manis menjadi perpaduan rasa yang kaya. Tak ketinggalan, kolang-kaling dan kacang hijau dalam Rogan sup juga menjadi pelengkap kuliner tersebut.

Tak hanya dari segi rasa, aroma khas daun pandan dalam kuah dan daun pisang yang menjadi pembungkus kuliner memuat makanan tradisional Cianjur itu sempurna.

"Yang menjadi khas memang bukan hanya dari bahan baku utama roti dan kelapa muda, tapi pembungkus nya yang masih menggunakan daun pisang seperti halnya makanan tradisional. Jadi aromanya khas dan menggugah selera," tuturnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT