Heboh! Ratusan 'Mortir' Menumpuk di Area Tambang Semen Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 19:35 WIB
Mortir di Cirebon
Penemuan ratusan benda diduga mortir di Cirebon. (Foto: istimewa)
Cirebon -

Ratusan benda mirip mortir ditemukan di area penambangan bahan baku semen milik PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi membenarkan adanya penemuan benda tersebut.

"Tadi siang kita mendapat laporan. Kurang lebih ada 500 benda diduga mortir peninggalan masa penjajahan Jepang," kata Syahduddi kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Jumat (24/4/2020) sore.

Mortir di CirebonPenemuan ratusan benda diduga mortir di Cirebon. (Foto: istimewa)

Syahduddi telah berkoordinasi dengan Unit Penjinak Bom (Jibom) Sat Brimob Polda Jabar untuk mengecek benda tersebut. Pihaknya sudah memasang garis polisi di lokasi penemuan.

"Cuma untuk jenis belum bisa dipastikan. Kita sudah minta Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar untuk cek lokasi, sekaligus memastikan benda diduga mortir itu masih aktif atau tidak," kata Syahduddi.

Ratusan benda yang diduga mortir peninggalan masa penjajahan itu ditemukan di area penambangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Unit Palimanan Cirebon. Benda tersebut terlihat menumpuk dan diperkirakan lama terkubur. Ada bekas galian di lokasi tersebut.

(bbn/bbn)