Update

Sopir Bus Tanjung Priok-Bandung Terindikasi Positif COVID-19

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 14:48 WIB
Petugas medis memperlihatkan sampel darah jurnalis saat Rapid Test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/4/2020). Rapid test yang diikuti 40 wartawan dari sejumlah media tersebut untuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di kalangan wartawan di Kota Makassar.
Ilustrasi rapid test (Foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)
Bandung -

Seorang sopir bus (sebelumnya ditulis penumpang) terindikasi positif COVID-19 setelah membawa penumpang dari Tanjung Priok. Kondisi itu diketahui setelah yang bersangkutan melaksanakan rapid test di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Kamis (23/4/2020).

"Kalau dari hasil pemeriksaan pertama, dari suhu tubuh sopir berada di atas 37 derajat celcius. Tapi dicek lagi oleh Dinas Kesehatan Provinsi, setelah itu bus dimasukkan ke dalam, sopir kemudian diperiksa," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bandung Agung Purnomo.

Menurutnya, para penumpang yang ada dalam bus tersebut langsung dipisahkan dan masuk ke dalam tenda pemeriksaan rapid test. Sementara bus yang dipakai, disemprot oleh cairan disinfektan.

Menurutnya dari 10 penumpang yang diangkut sopir tersebut, semuanya menunjukkan hasil rapid tes negatif. "Kelihatannya dia (sopir) ODP, setelah itu saya rekomendasikan ke dinas kesehatan untuk dibawa ke rumah sakit agar lebih detail kondisi kesehatannya," kata Agung.

Dari informasi yang dihimpunnya, tutur Agung, ada sekitar 200-an orang yang datang dari Jakarta, Bogor, Sukabumi dan beberapa kota yang ada di Jabodetabek setiap harinya.

"Informasinya juga kemarin dari Purwakarta ke Leuwipanjang, katanya ada dua penumpang saat dicek di Tol Pasirkoja ada dua (yang terindikasi positif). Akhirnya dari kesehatan, keduanya dibawa ke rumah sakit," kata Agung.

Tonton juga video WHO Sebut Virus Corona akan Ada Dalam Waktu yang Lama:

(yum/mud)