ADVERTISEMENT

Dear Warga Jabar, Buka Puasa Bersama Dilarang Selama PSBB

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 19:28 WIB
Ilustrasi Corona
(Foto: Ilustrasi Corona)
Bandung -

Pemprov Jabar melarang pelaksanaan buka bareng bersama (bukber) di tengah merebaknya virus Corona. Pasalnya, kegiatan yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan itu bertentangan dengan aturan social distancing untuk antisipasi COVID-19.

"Buka bersama itu dilarang, karena buka bersama itu mengumpulkan banyak orang, selain itu juga akan ada fatwa dar MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, seperti salat tarawih, itikaf dan tadarus semuanya dilakukan dari rumah," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Jabar Daud Achmad, Selasa (21/4/2020).

Menurut Daud, sebaiknya menggeser alokasi dana yang digunakan untuk bukber dengan menyiapkan makanan untuk membantu tetangga atau orang-orang yang membutuhkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini.

"Salat tarawih bisa dilakukan sendiri atau berjamaah dengan keluarga inti," katanya.

Sementara itu dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No 30 Tahun 2020 yang mengatur tentang PSBB di wilayah Bandung Raya, pada pasal 9 disebutkan selama pemberlakuan PSBB, dilakukan penghentian sementara kegiatan keagamaan di rumah ibadah dan/atau di tempat tertentu.

Sementara itu kegiatan keagamaan di rumah ibadah dilaksankan di rumah masing-masing. Pembimbing atau guru agama dapat melakukan kegiatan pembinaan secara virtual atau secara langsung dengan menerapkan ketentuan jaga jarak secara fisik.

(yum/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT